6,7 Juta Warga Malaysia Terancam Kekurangan Air

infoTanjungpinangMalaysia. Sebanyak 6,7 Juta Warga Malaysia Terancam Kekurangan Air. Menjelang musim kering, Malaysia sudah bersiap mengantisipasi kekurangan air. Tercatat sekitar 6,7 juta penduduk Kuala Lumpur, Putrajaya, dan Selangor, akan diberi jatah air secara bergilir selama 161 hari ke depan, setelah pemerintah negara bagian Selangor memutuskan melanjutkan langkah penjatahan air yang sudah berlangsung sejak 27 Februari di Lembah Klang.

6,7 Juta Warga Malaysia Terancam Kekurangan AirUsaha pemerintah negara bagian Selangor ini dilakukan sebagai upaya menghadapi musim kering yang diperkirakan akan mulai melanda Malaysia pada bulan Mei hingga bulan September mendatang.

Sementara itu, Menteri Besar Selangor, Abdul Ibrahim, mengatakan keputusan itu diambil dengan memperhitungkan keadaan pasok air di Empangan Sungai Selangor, Kuala Kubu Bharu, yang saat ini masih berada di bawah batas kritis. “Pasok air itu hanya bisa bertahan selama 29 hari jika langkah pembatasan pasok air dihentikan. Kami juga mau pastikan pasok air dapat bertahan selama enam bulan agar ketika Ramadan dan Idul Fitri, rakyat mendapat pasok air secukupnya,” katanya.

Di tempat lain, Badan Meteorologi Malaysia mengatakan cuaca panas akan melanda sebagain besar negara ini mulai Mei hingga September menyusul peralihan muson barat daya yang menyebabkan curah hujan berkurang. Kepala Badan Meteorologi Malaysia, Che Gayah Ismail, mengatakan, perubahan cuaca akan dapat dirasakan oleh penduduk paling awal pada minggu pertama atau kedua Mei. “Kawasan utara Semenanjung akan mengalami musim panas yang lebih kentara karena iklm tropika yang kurang lembab dibandingkan kawasan selatan,” katanya.

Tercatat suhu udara rata-rata di seluruh semenanjung Malaysia diperkirakan pada kisaran 32 hingga 34 derajat Celsius. Dan dapat mencapai suhu paling tinggi pada puncak siang.

Fenomena ini sebenarnya wajar, karena pada Mei-September, matahari berada di belahan bumi bagian utara. Sehingga negera-negara sub-tropis seperti Malaysia akan mendapatkan sinar matahari lebih banyak dibanding biasa. Tetapi efek dari pemanasan global yang membuat fenomena wajar ini menjadi masalah besar.

 

Sumber: iberita.com

Link: 67 juta warga malaysia terancam kekurangan-air

You might like

About the Author: infotanjungpinang

Hati perlu iman, otak perlu ilmu. Marilah kita beriman dan berilmu. Indahnya hidup berkah dengan berbagi ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *