Teknologi

Aturan Baru TKDN “Smartphone” 4G Sudah Berlaku

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan bahwa peraturan baru Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) ponsel 4G telah berlaku di awal 2017 ini.

“Januari 2017 ini aturan TKDN yg berlaku 30 persen. Surat edarannya juga telah dikirimkan ke para vendor,” tegas Rudiantara ketika ditemui KompasTekno di sela acara Seminar Awal Tahun Indonesia Technology Forum, di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Menurut Rudiantara para vendor ponsel telah akan mengikuti aturan tersebut. Bahkan, Apple yg sedang berupaya memasukkan iPhone ke Indonesia pun menurutinya.

“Apple saja telah akan mengikuti itu, mereka sekarang telah menentukan tempat membangun fasilitas (Riset dan Pengembangan) di Indonesia,” imbuhnya.

Baca: Pusat Riset Apple di Indonesia Dibangun di Banten

Sejak dua waktu lalu, Apple memang telah dipastikan mulai membangun pusat riset dan pengembangan di Indonesia. Pembangunan itu sebagai upaya agar memperoleh TKDN 30 persen dan diizinkan menjual iPhone terbarunya di Tanah Air.

Seperti diketahui, pemerintah memang berencana menerapkan aturan baru TKDN 30 persen bagi ponsel 4G pada Januari 2017. Sebelumnya, pada 2016, aturan TKDN cuma 20 persen.

Artinya, seandainya pada 2017 vendor tak dapat mencapai angka tersebut, maka vendor mulai dilarang menjual perangkat 4G di Indonesia.

Untuk mengetahui skema penghitungan TKDN, silahkan kunjungi tautan berikut ini.

Baca: Pusat Riset Apple di Indonesia Didukung Foxconn?

Sumber: http://tekno.kompas.com