Bintan Kepri

Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Teluk Bintan Dilantik

info Tanjungpinang – Lima Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Teluk Bintan dilantik oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Kabupaten Bintan, Hendri, Selasa, 22 Juli di  ruang serbaguna kantor Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan.

5 Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Teluk Bintan itu adalah BPD Desa Pangkilk, BPD Desa Penghujan,BPD Desa Penaga, BPD Desa Tembeling, BPD Desa Bintan Buyu.

badan-pemusyawaratan-desa-bpd-kecamatan-teluk-bintan-dilantik
Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Teluk Bintan Dilantik

Dalam sambutannya, Hendri mengatakan, BPD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa, memiliki tiga fungsi, yaitu sebagai lembaga legislasi, lembaga pengawas dan lembaga penerima aspirasi masyarakat desa.

Ketiga fungsi itumerupakan penjelmaan demokratisasi yang selama ini sudah berjalan di desa sebelum diberlakukannya undang-undang nomor 32 tahun 2004. Selain sebagai wujud pemberdayaan masyarakat, dibentuknya BPD merupakan mitra kerja dari kepala desa dalam menyelenggarakan pemerintahan desa.

Hendri meminta kepada BPD yang dilantik untuk meningkatkan pengetahuan, baik melalui bimbingan yang diselenggarakan pemerintahan Kabupaten Bintan dan Camat Teluk Bintan.

 

Sumber : Pemerintah Kabupaten Bintan