Internasional Kepri Tanjungpinang

BEA Cukai Tanjungpinang Gagalkan Penyelundupan Narkoba

Kepala Bea Dan Cukai Kota Tanjungpinang , Saat Prees Realis
Kepala Bea Dan Cukai Kota Tanjungpinang , Saat Prees Realis

TANJUNGPINANG – Berkat kerja keras dari petugas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal BEA Dan Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau Kantor , kantor pengawasan dan pelayanan BEA dan cukai tipe madya padaean B Tanjungpinang berhasil menggagalkan upaya penyeludupan sabu seberat 522 gram dari Setulang Laut , Malaysia yang di lakukan oleh tersangka yang berinisial S (35) , Di pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang Minggu (28/2), sekira pukul 11.05 WIB.

Kepala kantor pengawasan dan pelayanan BEA dan cukai tipe madya padaean B Tanjungpinang ,Duki Rusnadi Dalam Press Realis,Senin(29/2) mengatakan bahwa , Penangkapan ini berawal dari pemeriksa Tim Pemeriksa P2 Pabean (Customs Narcotics Team) KPPBC Tipe madya pabean B Kota Tanjungpinang dan Tim CNT dari subdit narkotika direktrorat penindakan dan penyidikan kantor pusat DJBC yang melakukan pegawasan terhadap penumpang dan barang bawaan penumpang yang turun dari Ferry MV.Sentosa 9 yang di gunakan tersangka S dari pelabuhan Stulang Laut, Malaysia.
Pengawasan ini dilakukan secara menyeluruh terhadap semua penumpang yang turun, salah seorang penumpang mencurigakan karena menghindari pemeriksaan oleh tim CNT.berdasarkan kecurigaan awal tersebut tim pengawas yang menerima Costoms Declaration melihat penumpang tersebut kelihatan gugup namun setelah dilakukan pemeriksaan badan tidak ditemukan benda mencurigakan yang dibawa atau pun di sembunyikan oleh S.

Akan tetapi Tim CNT merasa curiga dengan sepatu yang digunakan oleh pelaku karena terlihat baru dan sangat bersih ketika dilakukan pengecekan melalui alat X-Tray terlihat benda mencurigakan yang berada dalam sepatu milik S , setelah di periksa lebih lanjut di temukan bungkusan plastik yang berisi Kristal berwarna putih yang ada di sepatu milik tersangka S tersebut.

Hingga kemudian , tersangka dan barang bukti tersebut langsung dibawa ke kantor kantor pengawasan dan pelayanan BEA dan cukai tipe madya padaean B Tanjungpinang untuk di adakan pemeriksaan terkait penemuan benda yang di duga Narkotika jenis sabu tersebut .
“Setelah kami lakukan pemeriksaan di kantor kami memastikan bahwa benda putih tersebut merupakan narkoba jenis sabu(Methamphetamin) seberat 522 gram dan ini merupakan penakapan pertama kami ditahun 2016 ,”Ungkap Duki Saat prees reaslis.
Dalam pemeriksaan tersebut ,tim KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang bersama Tim CNT (Custemer Narcotics Team) dari Subdit Narkotika Direktorat Penidakan dan penyidikan kantor pusat DJBC berhasil juga mengamankan Uang senilai Rp 1.507.000, 183 ringgit, 110 sen, Handpohon Merk Samsung, dan sepasang sepatu Pantovel warna hitam.

Duki menuturkan tersangka kami tindak kerana melanggar pasal 102 Huruf e UU No.17 tahun 2006 yaitu menyembunyikan barang impor secara melawan hukum yang digunakan untuk pemenuhan kewajiban Pabean Jo. UU No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. “ untuk penanganan dan penyelidikan lebih lanjut saat ini tersangka berserta barang bukti kami serahkan ke Polres Tanjungpinang untuk ‎penyelidikan lebih lanjut,”tutup Duki.(BUDI ARIFIN).