Nasional

Begini Cara Tim Ahok-Djarot Cari Dana Kampanye

JAKARTA, KOMPAS.com – Tim pemenangan pasangan petahana di Pilgub DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, mulai berupaya mencari dana kampanye dari penyelenggaraan acara dan penjualan barang.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Golkar DKI Fayakhun Andriadi mengatakan, pengumpulan dana dengan cara ini yaitu instruksi segera dari Ahok.

“Ahok bikin terobosan, dia bilang silakan ciptakan EO di segala parpol dan relawan,” kata Fayakhun di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9/2016).

(baca: Taufik Sebut Dana Kampanye bagi Anies-Sandiaga Bisa Mencapai Rp 100 Miliar)

Fayakhun mengatakan, acara yg dibuat nantinya mulai dibagi dalam beberapa konsep. Pertama, adalah membuat acara yg mulai dihadiri ribuan masyarakat.

“Jadi apakah bikin di Istora, kamu bayar Rp 10.000 per orang, selalu Ahok bicara, foto sama-sama. Dia (Ahok) bilang ‘terserah lu mau bikin stand up comedy juga gua siap’,” kata Fayakhun.

Konsep kedua adalah mengundang sedikit orang saja bagi makan malam bersama Ahok. Namun, bayarannya mulai jauh lebih besar.

“Misalnya dinner sama Ahok. Yang sesuatu meja Rp 25 juta. Meja sekelilingnya Rp 10 juta. Itu bagi pengusaha, misalnya,” tambah dia.

(baca: Sandiaga Akui Keterbatasan Dana Kampanye Pilkada DKI)

Selain membuat acara, dana kampanye juga mulai digalang dari penjualan barang seperti kaus yg bergambar Ahok-Djarot.

Saat kandidat yang lain membagikan kaus secara gratis buat kampanye, lanjut dia, kaus Ahok-Djarot justru dijual ke masyarakat.

“Desainnya diserahkan pada empat parpol dan relawan. Desainnya boleh masing-masing,” kata dia.

Kompas TV Nasdem Setuju PDI-P Ambil Kursi Tim Pemenangan Ahok-Djarot

Sumber: http://nasional.kompas.com