Kepri Tanjungpinang

Bidan se-Kota Tanjungpinang Ikuti Pelatihan Pembinaan KB

info Tanjungpinang – Sebanyak 250 tenaga bidan dari seluruh Puskesmas dan klinik serta Dharma Pertiwi Kota Tanjungpinang mengikuti kegiatan Pembinaan Keluarga Berencana (KB), yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kota Tanjungpinang, Senin, 9 Juni 2014, di Hotel Sampurna Jaya.

Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat dalam ber-KB, demi menuju keluarga kecil bahagia sejahtera.

Bidan se-Kota Tanjungpinang Ikuti Pelatihan Pembinaan KB
Bidan se-Kota Tanjungpinang Ikuti Pelatihan Pembinaan KB ( gbr ilustrasi: kafeilmu.com )

Staf Ahli Walikota Drs. Mekhwanizar yang membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan, program KB bertujuan untuk membangun manusia Indonesia sebagai obyek dan subyek pembangunan melalui peningkatan kesejahteraan ibu, anak, dan keluarga.

Disamping itu, pelaksanaan program KB juga diarahkan untuk menurunkan tingkat kelahiran atas dasar kesadaran dan tanggungjawab seluruh masyarakat tanjungpinang, dengan cara memilih metode kontrasepsi secara sukarela.

Untuk mencapai tujuan itu pemerintah telah melakukan berbagai cara seperti penyuluhan dan motivasi secara bertahap.

Pengelolaan program telah diarahkan menuju kemandirian dimana sasarannya antara lain, kelompok masyarakat yang secara sadar siap untuk ber-KB, namun masih memerlukan bantuan sarana dan pelayanan KB secara penuh dari pemerintah.

Kemudian kelompok masyarakat yang secara sadar siap ber-KB tapi hanya memerlukan bantuan pemerintah untuk memenuhi keperluan sarana, serta kelompok masyarakat yang secara sadar siap ber-KB dan sudah mampu memenuhi sarana dan pelayanan KB.

Berdasarkan jumlah penduduk Kota Tanjungpinang, tahun 2013 jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) sebanyak 29.815 orang dan peserta KB berjumlah 18.667 orang atau sekitar 62,6% dari jumlah PUS. (NA)

 

Sumber: Humas Pemerintahan Kota Tanjungpinang