Teknologi

Bill Gates Peringatkan Ancaman Terorisme Model Baru

KOMPAS.com – Pendiri Microsoft sekaligus philanthropist Bill Gates mengingatkan mulai ancaman terorisme model baru, yakni bioterorisme. Hal itu diungkapkan Gates di ajang World Economic Forum minggu lalu.

Apa sebenarnya bioterorisme itu? Bioterorisme adalah penyebaran ancaman dengan memakai peranti-peranti biologi, seperti virus yg dapat membuat wabah penyakit.

Menurut Gates, dunia ketika ini belum memiliki peralatan yg komplit bagi menghadapi serangan virus, baik yg menyebar melalui bioterorisme maupun penyebab alami seperti wabah penyakit.

Baca: Peran Ibu di Balik Kesuksesan Bill Gates

Virus tak mengenal batas negara, karenanya setiap negara yg ada di muka Bumi ini rentan terhadap ancaman tersebut. Karena itu, Gates menyarankan agar hal ini dijadikan sebagai isu global, negara-negara diminta bersatu menanggulangi ancaman seperti ini.

Di luar kendala dana dan persoalan dalam negeri masing-masing negara, Gates menekankan pentingnya berinvestasi dalam memerangi epidemi penyakit.

“Susah bagi mengira-ngira kemungkinan timbulnya bioterorisme, tetapi potensi kerugiannya sangat-sangat besar,” kata Gates seperti dikutip KompasTekno dari Tech Times, Senin (23/1/2017).

Baca: Bill Gates Rela Digigiti Nyamuk di Yogyakarta

Beberapa virus yg menjadi isu global ketika ini antara yang lain adalah virus Zika, MERS-CoV, dan Ebola.

Jumlah masalah ketiganya meningkat dalam kurun lima tahun terakhir. Karenanya, Gates memperingatkan agar bukan cuma organisasi swasta saja yg menyiapkan penanggulangannya, melainkan juga pemerintah.

Sumber: http://tekno.kompas.com