Kepri Tanjungpinang

Bimtek dan Pelatihan untuk Kelompok Usaha Bersama

info Tanjungpinang – Sebanyak 50 orang anggota Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dari kelurahan se-Kota Tanjungpinang, mendapatkan bimbingan teknis dan pelatihan dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker). Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari itu dibuka oleh Wakil Walikota Tanjungpinang H.Syahrul,S.Pd, Rabu, 18 Juni 2014 di Aula Embong Fatimah, Kantor Disnakersos.

Bimtek dan Pelatihan untuk Kelompok Usaha Bersama - Foto Bersama Panitia dan Peserta
Wawako dan Kadis Foto Bersama Panitia dan Peserta Kube

Drs.Syafrudin Kepala Bidang Hubungan Industrial Disosnaker Kota Tanjungpinang dalam laporannya mengatakan, KUBE merupakan metode yang terintegrasi dan keseluruhan proses program kesejahteraan sosial dalam rangka memantapkan program menghapus kemiskinan.

Pembentukan KUBE dimulai dengan proses pembentukan kelompok sebagai hasil bimbingan sosial, pelatihan ketrampilan berusaha, bantuan stimulans dan pendampingan. Kegiatan itu bertujuan agar kelompok penerima dana stimulan modal usaha dapat mengembangkan kegiatan ekonomi produktif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan usaha ekonomi, meningkatkan produktifitas kerja, penghasilan, tabungan serta menciptkan kemitraan usaha yang saling menguntungkan.

Bimtek dan Pelatihan untuk Kelompok Usaha Bersama - Wawako mengalungkan tanda Peserta
Wawako mengalungkan tanda Peserta Kube

Narasumber antara lain berasal dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta, Disosnaker Kota Tanjungpinang serta tenaga pengajar SMK Negeri 3 Tanjungpinang.

Kegiatan Bimtek dan Pelatihan tersebut dimulai ditandai dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis oleh wakil walikota, yang didampingi Kepala Disosnaker Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, wakil walikota mengharapkan dengan adanya bimtek tersebut diharapkan kelompok usaha bersama dari tahun ke tahun terus berkembang dan benar-benar dimanfaatkan. Baik itu dari perkembangan produksi, perkembangan peningkatan penghasilan serta peningkatan mitra usaha, sehingga dana yang disalurkan dari pemerintah kota untuk kelompok usaha masyarakat benar-benar dapat berguna secara efektif dan bermanfaat.

Bimtek dan Pelatihan untuk Kelompok Usaha Bersama - Foto Wawako Kadis dan Peserta
Foto Wawako Kadisnakersos dan Peserta Kube

Selain itu, wawako juga mengharapkan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bisa memberikan motivasi dalam berusaha kepada setiap keluarga agar menjadi orang yang berpenghasilan memadai. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan dasar keluarga dapat terpenuhi secara baik.

Disamping menurut wako, program pemberdayaan fakir miskin ini adalah suatu upaya srategi pemerintah dalam mewujudkan sistem ekonomi kerakyatan dalam memenuhi kebutuhan hidup masayarakat.

Karena itu wawako menghimbau kepada para peserta untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan tersebut, agar dapat menggali ilmu dan pengetahuan dan ketrampilan yang berguna sehingga dapat meningkatkan potensi sumber daya manusia.

Selain itu diharapkan ilmu yang didapat dari bimtek itu dapat dibagikan kepada sesama anggota KUBE. Sedangkan kepada para pendamping sosial (KUBE), wawako berharap agar dapat melakukan pendampingan dengan memberikan motivasi, bimbingan dan pengarahan sehingga kelompok KUBE dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas yang lebih baik. (NA)

 

Sumber :Humas Pemerintah Kota Tanjungpinang