Kesehatan

Cara Mengatasi Kaki Pegal

InfoTanjungpinangKaki kadang pegal? Inilah cara menghindarinya. Sebagian besar wanita tidak jarang mengeluhkan rasa pegal di kaki. Hal ini tak mengherankan, mengingat para wanita yg gemar menjaga penampilannya dengan mengenakan sepatu hak tinggi di sela-sela aktivitas.

Faktanya kaki adalah anggota tubuh yg memiliki peran yg utama dalam menopang berat badan seseorang, karena itu sangat perlu buat diperhatikan kesehatannya agar kalian mampu menjalankan aktivitas dengan nyaman dan menyenangkan.

Cara Mengatasi Kaki Pegal
Mengatasi Kaki Pegal (image: www.nixsi.com)

Mengutip dari everydayhealth.com (01/05/2016), Dr. Crystal Holmes, dokter spesialis podriatik dari Universitas Michigan, mengatakan bahwa penggunaan sepatu hak tinggi bisa menyebabkan nyeri pada kaki. “Jika Anda mengenakan sepatu dengan tinggi hak lebih dari 2 inchi, maka tekanan pada bagian kaki di sekitar ibu jari mulai meningkat tujuh kali lipat.

Dengan kata yang lain kaki mulai menopang tujuh kali lipat dari berat badan yg ada, sehingga tak mengherankan hal ini mampu menyebabkan rasa nyeri dan pegal,” katanya. Berikut ini dua tips bagi menjaga kaki tetap sehat dan terhindar dari pegal-pegal.

1. Jangan menghindari rasa sakit. Jika Anda merasakan sakit atau nyeri, terlebih seandainya selalu menerus, maka jangan segan buat memeriksakannya ke dokter bagi memastikan apa penyebabnya.

2. Cuci kaki Anda secara rutin dan keringkan secara menyeluruh, khususnya di area jari-jari kaki.

3. Gunakan sandal atau sepatu yg pas sesuai ukuran kaki. Hindari alas kaki tipis yg tak nyaman dipakai. Sebaiknya hindari juga penggunaan sandal atau sepatu dengan hak lebih dari 2 inchi ( 5cm).

4. Batasi penggunaan sandal atau sepatu berhak tinggi, seandainya memungkinkan lebih kadang gunakan alas kaki yg enak dan nyaman, misalnya sepatu flat. Dr. Holmes juga menekankan, wanita harus mengetahui bahwa ukuran kaki mampu berubah seiring dengan perubahan berat badan.

Pada umumnya ukuran kaki membesar seiring berjalannya waktu, namun hal ini mulai terjadi sebaliknya seandainya berat badan Anda menurun. “Rasa sakit memperlihatkan ada satu yg salah dengan tubuh Anda, jangan segan bagi langsung mencari pertolongan medik,” ujarnya. Jadi, akan ketika ini mari jaga kesehatan kaki agar Anda bisa menjalankan aktivitas dengan lancar dan nyaman.

Sumber: http://gayahidup.inilah.com