Disduk Capil Kota Tanjungpinang Akan Luncurkan Kartu Baru

Eka Hanasarianto
Eka Hanasarianto

Tanjungpinang(IT) – Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil(Disduk Capil) Kota Tanjungpinang tengah menyiapkan program kepada Bayi yang baru lahir dan anak-anak kedepan akan mempunyai KTP . KTP anak juga dikenal dengan Kartu Identitas Anak (KIA). Sehingga dengan demikian anak dan bayi usia umur 0 tahun sampai 17 tahun akan mempunyai KTP (Kartu Tanda Penduduk) di tahun 2016 ini.

Dan hal tersebut selama anak tersebut telah memiliki akta kelahiran dan tercantum dalam kartu keluarga yang dimiliki orang tua dan keluarganya. KTP tersebut akan menjadi identitas selama hidupnya.

Penerbitan Kartu Indentitas Anak (KIA) diperlukan agar anak yang berusia 0 hingga 17 tahun (kurang satu hari) memiliki dokumen kependudukan sehingga memudahkan anak dalam mengurus berbagai dokumen.
Hal tersebut dijelaskan oleh kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang Eka Hanasarianto kepada Info Tanjungpinang saat menghadiri acara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN),Senin(3/23/2016).

“Kedepan kita berencana akan membuat kartu indentitas anak, kartu ini di peruntukan untuk usia 0 sampai dengan 17 Tahun,”Ujar Eka.

Dia menjelaskan , Bahwa KIA merupakan perwujudan kesungguhan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya bagi anak. Melalui KIA selain sebagai pengenal juga dapat menjadikan anak dapat mengakses pelayanan publik secara mandiri..

Dikatakannya, sistem dari kartu ini hampir sama dengan KTP(Kartu Tanda Penduduk) sistemnya seperti E-KTP yang datanya teritergrasi di seluruh indonesia.

“Untuk cara kerja sama seperti e ktp syarat untuk memiliki kartu ini adalah anak yang sudah memiliki akte kelahiran,”Jelasnya.

Di harapkannya, dengan adanya kartu ini anak – anak yang ada di Kota Tanjungpinang dapat dengan mudah mengurus segala administrasi karena selama ini untuk anak yang sudah sekolah identitasnyahanya berupa kartu pelajar, namun bagi anak yang belum sekolah identitasnya hanyalah berupa akte yang riskan untuk dibawa-bawa. KIA ini konsepnya sama, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang memberikan identitas serta tercatat dalam kependudukan masing-masing daerah.,

“Dengan adanya kartu ini anak – anak kalau ingin menabung ke Bank tidak perlu lagi memakai KTP orang tuanya,” Tutupnya.(Rajib).

You might like

About the Author: Redaktur

sumber informasi maupun berita dari wartawan yang bertugas dilapangan dan dipublish oleh tim redaktur. sebagian pemberitaan dari rilis atau lansiran media lokal, nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *