Teknologi

Facebook Rilis Video “Year In Review”, Begini Cara Membuatnya

KOMPAS.com — Di penghujung tahun 2016, jejaring sosial Facebook kembali merilis fitur video Year in Review untuk penggunanya buat dibagikan.

Year in Review yaitu video yg menampilkan foto-foto, seperti slideshow, dari kenangan pengguna Facebook selama sesuatu tahun terakhir.

Selain itu, video Year in Review juga menampilkan momen-momen utama sepanjang tahun, seperti pekerjaan baru, pertemanan baru, lokasi mana saja yg pernah dikunjungi, atau reaksi-reaksi yg sudah dibuat selama sesuatu tahun.

Fitur ini dapat diakses melalui tautan berikut ini. Di halaman tersebut, Anda diberi sejumlah data aktivitas di Facebook. Untuk membuat video Year in Review, klik menu “Request Video” yg disediakan.

Butuh dua waktu untuk Facebook bagi menyiapkan video Year in Review. Pengguna mulai dikirimi notifikasi setelah video selesai dibuat.

Baca: 10 Tips Tersembunyi Facebook buat Diketahui

Selain membuka laman tersebut, Year in Review 2016 juga mampu dibuat dengan cara mengunjungi atau memutar video punya teman, dahulu scroll ke bawah dan klik menu “Watch Yours”.

Data tersebut disajikan dalam bentuk video durasi 1 menitan dan dapat dibagikan di timeline Facebook.

Year in Review menyediakan 10 foto yg mampu dimasukkan ke video, tapi tentu saja pengguna dapat mengganti dengan foto yg lain. Anda mampu mengeditnya sebelum memublikasikannya.

Pengguna juga dapat meng-edit setting privasi, kepada siapa saja video itu ingin dibagikan, atau tetap membuatnya private bagi dilihat sendiri saja. Begitu video dipublikasikan, pengguna juga tetap mampu mengganti seleksi foto dengan mengunjungi laman Year in Review.

Banyak pengguna Facebook yg telah akan membuat dan membagikan video Year in Review 2016 ini. Jika Anda belum membuatnya, masih ada sisa lebih kurang sesuatu bulan lagi jelang akhir tahun 2016.

Anda juga mampu melihat video-video Year in Review punya pengguna yang lain dengan mengetik tagar #YearInReview2016 di kolom pencarian.

Untuk membagikan video Year in Review Anda, berikut cara melakukannya:

  • Buka halaman facebook.com/yearinreview
  • Klik “Request Video”
  • Pilih “Edit” buat mengganti foto, dan pilih audiens yg ingin dituju
  • Klik “Share Video”.

Selamat mencoba!

Sumber: http://tekno.kompas.com