Nasional

Fadli Zon: Masalah DKI Jangan Sampai Jadi Perhatian Internasional

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Fadli Zon mengingatkan, isu SARA yg mewarnai Pilkada DKI Jakarta jangan sampai menjadi perkara yg memancing perhatian dunia.

Hal tersebut diungkapkannya terkait keterangan bahwa aparat kepolisian menemukan penyebaran foto calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Suriah.

“Tentu kami tak ingin apa yg menjadi masalah dalam negeri kalian dicampuri oleh pihak dari luar,” kata Fadli, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Pancasila, kata dia, yaitu temuan dari pemimpin bangsa sebagai alat penjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa dari latar belakang majemuk, seperti dari sisi agama, ras, etnis, suku, dan golongan.

Isu SARA dianggap sensitif dan mampu memecah kedaulatan bangsa.

“Kita kan tak mau ini menjadi masalah yg meng-internasional,” kata dia.

Dikutip tribunnews.com, jajaran Polda Metro Jaya meningkatkan kewaspadaan setelah beredarnya foto kelompok Jaisy Al Fath di Suriah yg bertuliskan “Tangkap Ahok atau Peti Mati Ahok”.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengatakan, aparat kepolisian telah melakukan monitor penyebaran foto-foto itu di media sosial.

Berdasarkan keterangan intelijen yg diterima aparat kepolisian, foto itu ada di Suriah.

Pihak intelijen juga telah memberikan laporan kepada aparat kepolisian buat meningkatkan kewaspadaan.

“Iya. Kami monitor, tapi kan tempat kejadian masalah (TKP) di Suriah. Itu laporan intelijen, berarti kita lebih waspada,” ujar Awi kepada wartawan ditemui di Silang Monas, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Kompas TV Memaknai Gejolak Politik Jelang 4 November 2016

Sumber: http://nasional.kompas.com