Kepri Tanjungpinang

Festival Seni Kreatif Pemerintah Kota Tanjungpinang Berakhir

info Tanjungpinang – Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, menutup Festival Seni Kreatif yang digelar Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sabtu, 21 Juni 2014.

Festival seni kreatif dibuka sejak 18 Juni lalu, dengan jumlah stand yang disediakan oleh panitia sebanyak 40 stand. Stand-stand tersebut diisi dengan berbagai macam produk seni kreatif buah karya masyarakat Kota Tanjungpinang yang memiliki nilai ekonomi. Sementara itu, para pekerja seni yang menggelar hasil karya mereka sebanyak 95 orang termasuk para pedagang kaki lima.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tanjungpinang, Juramadi mengatakan, selama 4 hari digelar transaksi yang dihasilkan terbilang cukup besar yakni sebesar Rp.30 juta rupiah. Namun Juramadi yakin jika festival digelar lebih lama dan lebih besar maka nilai transaksi bisa jauh melebihi transaksi saat ini.

Senada dengan Juramadi, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah juga menambahkan event seperti itu seharusnya melibatkan lebih banyak pihak terkait, sehingga setiap potensi yang ada di Kota Tanjungpinang dapat ditampilkan dan memiliki daya saing.

Diakui Lis, Kota Tanjungpinang memang tertinggal jauh dengan kota-kota lain dipulau Jawa yang memiliki banyak potensi. Namun hal itu tidak berarti Tanjungpinang tidak memiliki potensi, hanya saja butuh kerjasama dan dukungan semua pihak untuk mengolah potensi tersebut karena masih banyak potensi di Kota Tanjungpinang yang belum diakomodir dengan baik, khususnya seni dan budaya.

Pada kesempatan itu juga diumumkan juga para pemenang lomba melukis kreatif dan band kreatif tingkat SMA/SMK sederajat. Untuk lomba melukis kreatif, juara 1, 2 dan 3 masing-masing diraih oleh Fitri Andayani (SMKN 4), Jery Hanjaya (SMAN 5), dan Muliani Paramitha (SMAN1).

Sementara itu juara harapan 1, 2 dan 3 lomba melukis kreatif masing-masing adalah Ajeng Cecilya (SMAN 5), Ruly Malay Suandi (SMAN 2), dan Syarifah Shakila Alatas (SMAN 2).

Sedangkan 3 grup pemenang lomba band kreatif adalah Best Plus Band (SMAN 4) sebagai juara 1, H2O Band (SMAN 4) juara 2 dan The Parfum Band (SMAN 4) juara 3. Setiap pemenang lomba melukis kreatif dan band kreatif mendapatkan piagam dan uang pembinaan.

Selain itu, diserahkan pula lukisan hasil karya Komperta (Komunita Perupa Tanjungpinang) yang merupakan lanjutan dari hasil goresan Asisten Pemerintahan Suyatno, AMP saat membuka acara pada 118 Juni lalu. Lukisan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Juramadi Esram kepada Walikota Tanjungpinang.***

 

Sumber:Humas Pemko Tanjungpinang