Kepri Tanjungpinang

Informasi Seputar Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)

info TanjungpinangInformasi Seputar Pertukaran Pemuda antar Negara (PPAN). Di tahun 2015 ada banyak Program menarik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia salah satunya PPAN, biasanya para calon delegasi PPAN dari berbagai macam daerah sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi di Provinsinya masinng-masing.

Setiap provinsi tentu akan berupaya untuk mengirim delegasi terbaiknya pada setiap pagelaran PPAN, untuk itu bagi para calon peserta PPAN tentunya diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan sebaiknya agar nanti dapat menunjukkan kemampuan yang maksimal saat seleksi.
Berikut sedikit informasi tentang apa itu PPAN dan tips agar dapat terpilih sebagai delegasi dari daerah masing-masing.

Informasi Seputar Pertukaran Pemuda antar Negara (PPAN)
Informasi Seputar Pertukaran Pemuda antar Negara (illustrasi/google)

Apa itu PPAN?

Program Pertukaran Pemuda Antanegara atau biasa disingkat PPAN adalah program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Program tahunan ini adalah kesepakatan antara Indonesia dan negara “tujuan” untuk mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan negara bersangkutan.  Adapun bentuk kegiatan PPAN ini biasanya menyangkut pemahaman sosial dan budaya.

Apa saja Program Pertukaran Pemuda?

Setiap tahunnya akan diadakan seleksi disetiap masing-masing provinsi di Indonesia untuk memilih seorang kandidat terbaik yang akan dikirim kenegara-negara yang melakukan kesepakatan PPAN dengan Indonesia diantara adalah.

  • Malaysia (IMYEP)
    Program ini biasa disingkat IMYEP, Usia maksimal untuk mengikuti Indonesia Malaysia Youth Exchange Program adalah 23-27 tahun. Kegiatan IMYEP ini ini biasanya adalah kunjungan antara pemuda-pemuda delegasi dari Indonesia ke Malaysia diikuti juga dengan kunjungan pemuda-pemuda dari Malaysia yang berkunjung ke Indonesia. Biasanya pihak Kemenpora sudah memilih provinsi mana yang akan dituju setiap tahunnya. Sebagai contohnya pada tahun 2013 lalu, yang menjadi tuan rumah penyelenggara IMYEP adalah Jawa Timur kemudian pada tahun 2014 adalah Bali. Kunjungan ke Malaysia juga biasanya berupa Homestay, pada tahun 2013 misalnya diselenggarakan di Johor sedangkan di tahun 2014 di Negeri Sembilan.
  • Canada (ICYEP)
    Indonesia Canada youth exchange Program atau biasa disingkat ICYEP adalah kegiatan pertukaran pemuda antara Indonesia dan Canada. Program ini biasanya adalah kegiatan Voluntary antara pemuda kedua negara dari daerah yang diwakili untuk mengenal aktivitas sosial dan budaya masyarakat kedua negara. Program ini juga menyelenggarakan homestay untuk para delegasi di Canada dan juga di Indonesia. Untuk mengikuti program ini delegasi harus berusia antara 20-24 tahun.
  • Korea (IKYEP)
    Indonesia Korea Youth Exchange Program atau biasa disingkat IKYEP adalah kegiatan Pertukaran Pemuda antara Indonesia dan Korea. Delegasi kedua negara akan melaksanakan kegiatan pentas budaya ataupun berkunjung ketempat-tempat yang menarik di Indonesia dan Korea untuk lebih saling memahami karakter kebudayaan kedua negara. Adapun usia peserta kegiatan ini antara 18-24 tahun.
  • Australia (AIYEP)
    Austarlia Indonesa Youth Exchange Program atau biasa disingkat AIYEP adalah program pertukaran pemuda antara Indonesia dan Australia. Adapun kegiatannya lebih kurang sama dengan kegiatan-kegiatan pertukaran Pemuda yang disebutkan diatas terutama ICYEP. Usia peserta biasanya ditentukan antara 21-25 tahun.
  • Jepang (SSEAYP)
    SSEAYP adalah singkatan dari Ship for South East Asia Youth Program. Kegiatan ini sangat menarik karena pesertanya berasal dari negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Kegiatan SSEAYP adalah pelayaran menuju negara-negara Asia tenggara untuk kemudian berlabuh di Jepang. Kegiatan program ini lebih banyak diadakan di kapal, disini para peserta akan dapat banyak pengetahuan tentang kelautan, ekonomi, sosial dan budaya. Adapun usia peserta SSEAYP ditentukan antara 20-30 tahun.
  • China (CHIYEP)
    CHIYEP adalah singkatan dari China Indonesia Youth Exchange Program. Kegiatan program ini juga hampir mirip dengan kegiatan IKYEP tapi tentunya setiap program tetap memiliki keunikan masing-masing. Usia peserta yang mengikuti program ini antara 18-24 tahun.

Apa itu Homestay?

Yang dimaksud homestay ialah setiap delegasi akan diberikan orang tua angkat di tempat diadakannya program. Dengan ini maka diharapkan delegasi bersangkutan dapat merasakan bagaimana kehidupan sehari-hari keluarga dan masyarakat didaerah yang menyelenggarakan kegiatan. Biasanya kegiatan homestay inilah yang paling dirindukan oleh setiap delegasi setelah pulang kedaerahnya masing-masing.

Tips agar lolos mengikuti seleksi PPAN

Perlu diketahui Program Pertukaran Pemuda Antar negara ini selain juga menyelenggarakan kegiatan kunjungan dan homestay juga banyak melakukan diskusi-diskusi terkait isu terkini dan juga ekonomi. Untuk itu para peserta tentunya harus memiliki pengetahuan yang luas. Berikut poin-poin penting yang harus dimiliki peserta untuk memenangkan persaingan di seleksi pertukaran pemuda.

  • Tingkatkan pemahaman Budaya
    Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang unik antara satu dengan yang lainnya. Setidaknya sebagai calon delegasi dari provinsi bersangkutan tentunya harus sudah mengetahui hal-hal seni dan budaya seperti bahasa, tarian dan lagu dari daerah masing-masing. Karena delegasi yang dikirim adalah seseorang yang mewaliki ribuan pemuda ddari tempat terpilih untuk itu pemuda yang bersangkutan haruslah paham akan aspek kebudayaan yang dimiliki daerahnya.
  • Pahami keunggulan Daerah
    Tidak ada salahnya mulai menghafal nama Kabupaten yang ada di Provinsi masing-masing lebih baik lagi kalau bisa menghafal nama Bupatinya. Setiap daerah di provinsi masing-masing tentu memiliki keunggulan ekonomi masing-masing, mulailah memahami keunggulan itu.
  • Tingkatkan skill Bahasa Inggris
    Pertukaran Pemuda antara negara tentunya kegiatan antara Pemuda yang berbeda-beda negara, bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional sangat diperlukan sebagai penghubung. Setiap Provinsi biasanya akan mengirimkan delegasi yang bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang baik untuk itu mulailah mempersiapkan diri dengan membiasakan diri berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
  • Aware terhadap isu terkini
    Setiap provinsi hanya mengirimkan satu delegasinya, tentunya provinsi bersangkutan akan mengirimkan seseorang yang memiliki pengetahuan yang mumpuni. Untuk itu mulai dari sekarang harus lebih aware terhadap isu-isu terkini karena hal tersebut selalu dibahas saat forum diskusi.

Kapan seleksi PPAN diadakan?

Seleksi PPAN diadakan di setiap provinsi, namun tanggal pelaksanaannya disesuaikan dengan keputusan Dispora Provinsi masing-masing. Pada umumnya setiap daerah akan menyelenggarakan seleksi pada bulan Maret ataupun April. Sebagai contoh untuk Kepulauan Riau tahun lalu diadakan pada 4 April, pada tahun 2015 ini bisa lebih cepat atau lambat tergantung kebijakan nantinya. Untuk itu calon peserta seleksi PPAN harus lebih sigap mendengar informasi terkait terutama pada bulan Februari tentunya harus mulai bertanya-tanya pada pihak DIspora ataupun alumni PPAN tahun-tahun sebelumnya.

Informasi Seputar Pertukaran Pemuda antar Negara (PPAN) oleh Zulfahri.