Ini Dia, 12 Aplikasi IOS Terbaik Di 2016

KOMPAS.com – Apple mengungkap daftar aplikasi terbaik iOS sepanjang 2016. Total ada 12 aplikasi terbaik yg dipilih, dengan pembagian berdasarkan kategori perangkat yg menggunakannya.

Pemilihan aplikasi terbaik itu berdasarkan popularitas yg diperoleh sepanjang tahun. Kategorinya dibagi menjadi aplikasi bagi iPhone, iPad, Apple TV dan Watch. Isinya terdiri dari kombinasi berbagai aplikasi gratis dan berbayar.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (11/12/2016), berikut ini daftar lengkap aplikasi iOS terbaik di 2016.

iPhone

1. App of the Year: Prisma

ini yaitu aplikasi edit foto dan video yg terkenal dengan kemampuannya mengubah foto biasa menjadi bak karya seni lukis atau sketsa. Pengguna cukup memotret pemandangan alam atau selfie, memilih filter yg diinginkan di Prisma, dan mengunduhnya ke ponsel.

Klik tautan ini buat mengunduhnya.

2. Runner-up: MSQRD

Aplikasi ini berguna buat menutupi wajah pengguna dengan topeng virtual. Misalnya, pengguna dapat selfie dengan topeng panda, drakula atau yg lainnya. Bahkan, pengguna mampu bertukar wajah dengan orang yang lain memakai aplikasi ini.

Klik tautan ini bagi mengunduhnya.

3. Game of the Year: Clash Royale

Ini adalah game buatan Supercell, pengembang game Clash of Clans yg sangat populer. Karakter-karakter dalam Clash Royale sendiri sama dengan Clash of Clans. Namun kali ini, permainan tersebut memakai model permainan berbeda.

Klik tautan ini buat mengunduhnya.

4. Runner up: Reigns

Reigns adalah game terunik dan populer sepanjang 2016. Permainannya yaitu simulasi pengambilan keputusan. Pemain ibarat seorang raja yg disodori berbagai pertanyaan dari penasihat, rakyat, bahkan hewan-hewan di kerajaannya. Sedangkan setiap jawaban mulai memberi efek berbeda pada perkembangan permainan.

Klik tautan ini bagi mengunduhnya.

iPad

1. App of the Year: Sketchbook Motion

Sesuai namanya, ini yaitu aplikasi iPad yg berguna buat membuat sketsa. Aplikasi ini milik keunggulan dalam hal dapat membuat sketsa gambar yg bergerak. Pengguna pun dapat mengombinasikan antara sketsa gambar statis dengan gambar bergerak, sehingga mampu menciptakan animasi tertentu.

Klik tautan ini untuk mengunduhnya.

2. Runner up: Bear

Meski menggunakan nama Bear yg berarti beruang, aplikasi yg sesuatu ini sama sekali tak berkaitan dengan hewan. Bear justru yaitu aplikasi pemroesan kata (word processor) yg berguna buat mengetik catatan, prosa atau berbagai hal lainnya. Singkatnya, mirip kegunaan Microsoft Word, namun dengan gaya orisinil Bear.

Klik tautan ini buat mengunduhnya.

3. Game of the Year: Severed

Ini yaitu permainan role playing game dengan tokoh cerita bernama Sasha. Sepanjang permainan, Sasha mulai bertemu dengan berbagai monster dan bertugas mengungkap rahasia sebuah dunia fantasi yg misterius.

Klik tautan ini bagi mengunduhnya.

4. Runner up: Chameleon Run

Ini yaitu game yg memiliki alur cepat dan menantang. Pemain secara otomatis berlari menyusuri sebuah trek berwarna. Tugasnya sederhana, pemain harus berusaha mengubah warna tubuhnya sehingga sama dengan trek tempatnya berlari.

Klik tautan ini bagi mengunduhnya.

Apple Watch

1. App of the Year: MySwimPro

Aplikasi ini ditujukan bagi arloji pintar sekaligus ponsel. Pengguna dapat memakainya buat sebagai alat bantu bagi mengukur berbagai aspek kebugaran ketika berenang. Selain itu, seandainya membukanya di ponsel, dapat juga dipakai bagi melihat latihan-latihan khusus bagi memandunya.

Klik tautan ini bagi mengunduhnya.

2. Runner up: Field Day

Field Day yaitu sebuah permainan simulasi bertani dan beternak. Ini adalah salah atu game yg populer dan dapat dimainkan memakai Watch.

Klik tautan ini buat mengunduhnya.

Apple TV

1. App of the Year: Twitter

Ini bukan aplikasi baru. Sebagian besar pengguna internet telah mengenal Twitter, platform yg biasa dipakai bagi microblogging. Namun sepanjang 2016, aplikasi Twitter ini menjadi satu yg populer di Apple TV.

Klik tautan ini buat mengunduhnya.

2. Runner up: Riptide GP: Renegade

Game ini mengangkat tema balapan memakai sebuah hydrojet. Balapan dikerjakan di permukaan air, dalam kecepatan tinggi dan bebas melakukan trik apapun agar mampu menang.

Klik tautan ini bagi mengunduhnya.

Sumber: http://tekno.kompas.com

You might like

About the Author: Editor Tim