Teknologi

Inikah Rupa BlackBerry Mercury Dengan “Keyboard” Fisik?

KOMPAS.com — Desas-desus mengenai Blackberry Mercury semakin ramai berseliweran di internet. Kali ini, muncul sebuah foto yg diyakini sebagai materi promosi ponsel tersebut.

Foto tersebut dengan sangat jelas memamerkan bentuk Blackberry Mercury, yakni berukuran layar 4,5 inci (2.560 x 1.440 piksel) dan memiliki keyboard fisik dengan format QWERTY di bagian bawah layar.

Sementara itu, di bagian kanan foto terpampang tulisan yg menyebutkan, salah sesuatu fitur yg diusung Mercury adalah pemindai sidik jari yg tersembunyi di balik tombol spasi keyboard.

Blackberry menjanjikan pemindai sidik jari itu sebagai sebuah alat yg mampu dipakai buat otentifikasi berbagai hal yg membutuhkan password. Dengan kata lain, ada kemungkinan pemindai sidik jari tak hanya berfungsi sebagai kunci ponsel. Bisa jadi, pengguna juga mampu memakainya bagi membuka atau mengunci aplikasi.

Baca: Inikah Wujud Android BlackBerry Selanjutnya?

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechTimes, Selasa (27/12/2016), Blackberry Mercury diprediksi bakal menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821, GPU Adreno 350, RAM 4 GB, serta sistem operasi Android 7.0 Nougat.

Kemungkinan terbesar, Blackberry Mercury bakal meluncur pada Januari mendatang dalam ajang Consumer Electronic Shows 2017.

Sekadar diketahui, Blackberry sendiri telah resmi tak membuat ponsel lagi. Lisensi pembuatan ponsel dengan merek tersebut, di sisi global, telah dipegang oleh TCL.

Sementara itu, di Indonesia, BlackBerry bekerja sama dengan perusahaan lokal buat mendirikan PT BB Merah Putih. Perusahaan patungan ini disebut bakal menjadi produsen berbagai handset BlackBerry di Tanah Air.

Baca: BlackBerry Resmi Diserahkan ke TCL, Indonesia Tetap BB Merah Putih

Sumber: http://tekno.kompas.com