Inikah Wujud Android BlackBerry Selanjutnya?

KOMPAS.com – Beberapa ketika lalu, BlackBerry merilis smartphone Android DTEK60 tanpa keyboard fisik. Meski demikian, tidak berarti BlackBerry benar-benar meninggalkan desain khasnya itu.

Bahkan, CEO BlackBerry John Chen sudah mengonfirmasi bahwa smartphone keluaran berikutnya mulai mengusung keyboard fisik. Kini, bocoran wujud BlackBerry itu muncul di ranah maya.

Digadang-gadang bertajuk “BlackBerry Mercury”, smartphone tersebut memiliki layar lumayan panjang dengan dilengkapi keyboard fisik di bagian bawah.

Efek lengkungan di sisi-sisi sampingnya pun tampak mengikuti tren ponsel zaman sekarang. Hanya saja, sisi atasnya terkesan agak kaku dengan ujung tajam. Berbeda dengan sisi bawah yg lebih tumpul.

Bocoran yg tersebar melalui media sosial Weibo itu cuma memamerkan tampak depan smartphone. Bagian belakangnya belum diketahui seperti apa. Ketebalannya juga belum bisa diprediksi karena tidak ada foto tampak samping.

Kalau soal spesifikasi, bocoran tentang BlackBerry Mercury telah ramai dibahas sejak pertengahan tahun ini, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Senin (5/12/2016).

Baca: Ponsel Terakhir BlackBerry Tetap Usung Keyboard Fisik

Oktober lalu, situs pengujian hasil bechmark, Geekbench, memamerkan apa saja spesifikasi yg diduga tertanam pada BlackBerry Mercury.

Ponsel itu dikatakan memakai prosesor delapan inti (octa-core) buatan Qualcomm dengan kecepatan 2.02 GHz. Menurut perkiraan, macam prosesor yg dimaksud tidak yang lain adalah Snapdragon 625.

Sementara itu, bagi grafis, BlackBerry Android ketiga ini digadang-gadang mengandalkan Adreno 506. Spesifikasi itu terhitung standar bagi ponsel Android masa kini.

Informasi yang lain soal BlackBerry Mercury yg terhimpun di situs Geekbench adalah sistem operasi Android 7.0 dan RAM berkapasitas 3 GB. Belum jelas apakah bocoran hasil pengujian tersebut akurat atau tidak.

Diproduksi perusahaan pihak ketiga

Diketahui, pada awal Oktober 2016, BlackBerry mengumumkan mulai berhenti memproduksi ponsel sendiri dan memberikan lisensinya ke perusahaan pihak ketiga.

Perusahaan lokal bernama Tiphone Mobile Indonesia menjadi yg pertama menggenggam lisensi tersebut. Bersama BlackBerry, Tiphone membuat perusahaan bersama yg dinamakan PT BB Merah Putih.

Nantinya, BB Merah Putih yg mulai bertanggung jawab bagi memproduksi dan juga memasarkan produk dengan label “BlackBerry” di Indonesia. Ponsel-ponsel itu mulai dirakit di Cikarang, Jawa Barat.

Baca: Nafas Terakhir BlackBerry dan BB Merah Putih

Hanya saja, tak diketahui, apakah BB Merah Putih cuma mengerjakan perangkat khusus buat pasar Indonesia saja atau tidak. Belum diketahui juga, apakah model ponsel yg dibikin BB Merah Putih mulai dipasarkan di luar Tanah Air atau tidak.

Apakah BlackBerry Mercury mulai jadi ponsel pertama BB Merah Putih? Lalu, kapan ponsel itu mulai dirilis? Kita tunggu saja.

Sumber: http://tekno.kompas.com

You might like

About the Author: Editor Tim