Isdianto Resmi Terpilih secara Aklamasi sebagai Wakil Gubernur Kepri

Tanjungpinang (IT) – Meskipun cuma Isdianto seorang sebagai Calon Wagub. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tetap melangsungkan sidang paripurna Laporan Akhir Pansus Terhadap Hasil Penetapan Calon Tetap Wakil Gubernur (Wagub) Kepri sisa masa jabatan 2016-2021, Kamis (7/12) pagi.

Alhasil, Isdianto resmi terpilih secara aklamasi dan menjabat sebagai Wakil Gubernur Kepri mendampingi Gubernur Nurdin Basirun. Diketahui sebelumnya bahwa kursi Wakil Gubernur Kepri kosong setahun lebih setelah Nurdin Basirun yang sebelumnya menjabat wakil gubernur diangkat menjadi gubernur menggantikan almarhum H.M.Sani karena wafat.

Isdianto Terpilih Secara Aklamasi
Isdianto Terpilih Secara Aklamasi

Tokoh masyarakat Kepri Huzrin Hood menilai pemilihan Wakil Gubernur Kepri ini tidak sah karena melanggar peraturan DPRD Kepri Nomor 2 Tahun 2017 merujuk pada UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2016.

“Jika masih dipaksakan maka pemilihan (wakil gubernur) itu tidak sah karena melanggar peraturan DPRD Kepri Nomor 2 Tahun 2017. Jadi, kita minta Ketua DPRD Kepri saudara Jumaga Nadeak membatalkan pemilihan itu, ” kata Huzrin Hood.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak,membeberkan bahwa menetapkan Isdianto menjadi Calon Tetap Wagub Kepri. Karena dari hasil proses verifikasi dua nama Cawagub yang telah diusulkan Gubernur Kepri, yakni Isdianto dan Agus Wibowo, hanya Agus yang tidak melengkapi berkasnya.

“Hasil verifikasi hanya berkas Isdianto yang lengkap, walaupun berkas Agus Wibowo sudah ditunggu Pansus untuk dilengkapi,” jelas Jumaga.

Tidak hanya itu, rapat Paripurna ini sudah sesuai dengan kesempatan forum.

“Tentunya sudah memenuhi quorum. Dalam paripurna penetapan ini turut hadir pimpinan partai politik beserta bupati dan walikota se-Kepri,” kata Jumaga saat memimpin paripurna.

Juru Bicara Pansus Pilwagub Kepri, Sahat Sianturi menjelaskan, penetapan ini melalui peraturan perundang-undangan dan juga karena terjadi kekosongan kursi Wagub Kepri sejak dilantiknya Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

“Sesungguhnya beban Kepala Daerah sangat berat, oleh karena itu dibutuhkan Wakil Kepala Daerah. Untuk proses pembahasan dilakukan setelah terbentuk Pansus hingga terjadinya pemilihan dan penetapan Wakil Gubernur Kepri oleh Panlih,” ujar Sahat.

Kemudian, Sekwan Kepri Hamidi melanjutkan, sesuai SK dari DPRD Kepri telah menetapkan Isdianto menjadi Calon Tetap Wagub Kepri. Selanjutnya Calon Tetap Wagub Kepri dipilih anggota DPRD Kepri secara aklamasi.

“Apakah anggota DPRD Kepri setuju memilih Isdianto sebagai Wakil Gubernur Kepri secara aklamasi,” tanya Jumaga dan langsung dijawab setuju oleh seluruh anggota DPRD Kepri yang hadir.

“Tentunya hasil ini akan dilaporkan ke Presiden Republik Indonesia,” ucap Hamidi diatas mimbar paripurna. (Bud)

You might like

About the Author: infotanjungpinang

Hati perlu iman, otak perlu ilmu. Marilah kita beriman dan berilmu. Indahnya hidup berkah dengan berbagi ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *