Nasional

Jadi Jenderal Bintang Empat Sekaligus Kepala BIN, Budi Gunawan Jangan Merasa Lebih Hebat Dari Kapolri

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar menyampaikan bahwa jabatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) sebenarnya tak harus diisi oleh pejabat kepolisian berpangkat jenderal.

Terkait dengan kenaikan pangkat Jenderal kepada Budi Gunawan sebagai Kepala BIN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bambang berharap hal itu tak menjadikan BIN merasa lebih tinggi daripada lembaga lainnya, termasuk Polri.

“Kepala BIN-nya kan jenderal, tapi tak kemudian menjadi hegemoni atau membawahi misalnya Polri. Jangan sampai karena diangkat bintang empat kemudian lembaga itu di atas daripada Kapolri, itu jangan sampai terjadi,” ujar Bambang ketika dihubungi, Minggu (11/9/2016).

(Baca: Bintang Empat di Pundak Budi Gunawan Memicu Matahari Kembar di Polri?)

Bambang mengatakan, kedudukan BIN dengan lembaga yang lain sejajar, meski dalam tugasnya BIN berperan sebagai koordinator dari divisi intelijen yg ada di bawah lembaga-lembaga lainnya.

“Karena BIN itu kan lembaga sendiri. BIN harus mengkoordinasikan intelijen-intelijen saja lho ya. Kan di polisi ada intelijen, kejaksaan ada intelijen, TNI juga ada intelijen, kepala BIN harus dapat mengkoordinasikan dari bagian bagian tadi, termasuk bea cukai, kemendagri, imigrasi, itu segala harus dikoordinasikan,” kata dia.

Maka dari itu, kata Bambang, Budi Gunawan sebagai kepala BIN yg baru harus dapat menjalin komunikasi yg baik dengan lembaga dan institusi lainnya. Dalam memgemban tugas, tambah Bambang, pengabdian BIN dipersembahkan buat bangsa dan negara.

(Baca: Kata Budi Gunawan soal Kedekatannya dengan Megawati)

“Bukan bagi rezim atau partai,” kata dia.

Sebelumnya, presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Budi Gunawan sebagai kepala BIN menggantikan Sutiyoso. Bersamaan hal itu, Jokowi juga menaikkan jabatan Budi Gunawan dari Komisaris Jenderal Polisi menjadi Jenderal Polisi.

Kompas TV JK Sebut Komjen Budi Mampu Pahami Situasi

Sumber: http://nasional.kompas.com