Nasional

Jokowi: Jangan Semua Dikerjakan Daerah, Pasti Uangnya Habis Enggak Jelas

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo meminta agar daerah fokus membangun bidang yg sesuai dengan potensinya. Dengan begitu, anggaran yg terbatas dapat digunakan bagi mengembangkan sesuatu bidang tertentu dan tak mulai menjadi habis sia-sia.

“Jangan seluruh dikerjakan, kalau segala dilakukan pasti uangnya mulai habis enggak jelas,” kata Jokowi ketika membuka Rapat Kerja Nasional I Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Jokowi pun mengingatkan kepada ratusan anggota DPRD yg hadir bagi mengawal anggaran di daerahnya masing-masing. Dewan, kata Jokowi, harus menolak apabila anggaran yg diusulkan oleh pemerintah daerah tak sesuai pesan yg ia sampaikan

“Anggaran jangan hanya dibagi-bagi rata, pasti mulai habis, baunya saja tak mulai kecium,” kata Jokowi disambut tawa para anggota DPRD.

Jokowi pun memberikan contoh sejumlah kota di luar negeri yg fokus membangun sesuatu potensi di daerahnya sehingga menjadi kota maju dan terkenal di semua penjuru dunia. Salah satunya yakni Sunny Land, kota kecil di Amerika Serikat yg fokus pada pengembangan golf.

Sambil menampilkan gambar, Jokowi menyebut kota tersebut memiliki 39 lapangan golf.

“Jet-jet pribadi dari berbagai dunia itu semuanya pada tiba kesini. Cuma buat main golf,” ucap Jokowi sambil memperlihatkan foto lapangan golf disana.

Jokowi juga mencontohkan kota yang lain seperti Tsukiji di Jepang yg fokus pada pengembangan ikan, Rotterdam di Belanda yg fokus pada pengembangan pelabuhan, dan sejumlah kota lainnya.

“Kita juga pasti mulai mampu seperti itu kalau fokus,” ucap Jokowi.

Sumber: http://nasional.kompas.com