Nasional

Jokowi: Saya Harap Anak-anak Tidak Kurus Seperti Saya…

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo meninjau segera program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Kementerian Kesehatan di Kampung Landangan Pesisir, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu (14/9/2016).

Kepada penerima PMT yg seluruhnya adalah ibu hamil, Jokowi memberikan arahan terkait jumlah asupan makanan tambahan yg dianjurkan Kementerian Kesehatan.

Bagi bayi berusia 6 hingga 11 bulan, disarankan mengonsumsi makanan tambahan sebanyak delapan keping biskuit per hari.

Sementara, balita berusia di atas 11 bulan disarankan mengonsumsi 12 keping biskuit per hari.

“Saya harapkan kalau telah makan ini, anak-anak kalian pada posisi normal, tak kurus seperti saya,” ujar Presiden Jokowi, seperti dikutip dari siaran pers resmi Istana.

Mendengar pernyataan Jokowi, Ibu-ibu yg mengikuti acara ini sontak tertawa.

“Saya titip kepada ibu-ibu, yg utama anak itu harus sehat, bergizi. Saya harapkan anak yg lahir sehat dan Insya Allah pintar semuanya,” lanjut Jokowi.

Masih ada yg kurang gizi

Pada kesempatan yg sama, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengakui masih ada perkara anak menderita kurang gizi di Situbondo, khususnya di Kecamatan Kapongan.

Dari total 2.230 anak di kecamatan tersebut, sebanyak 230 anak menderita kurang gizi.

Angka kematian bayi hingga September 2016 ini berjumlah 4 bayi.

Namun, angka kematian ibu hamil nihil.

Dengan arahan segera dari Presiden Jokowi, Nila berharap, mampu meminimalisir angka anak kurang gizi.

Nila mengatakan, masalah kurang gizi bukan karena tingkat kesejaheraan, tapi kebiasaan anak-anak dan orangtua yg tak menyantap sarapan pada pagi hari.

“Kalau tak sarapan harus diberi biskuit berkalori, berprotein tinggi dan mengandung vitamin sebanyak enam keping per hari. Untuk yg kurang gizi ada biskuit tersendiri. Tolong berikan makan anaknya dengan benar karena Presiden ingin agar anak kami cerdas dan sehat,” ujar Nila.

Sumber: http://nasional.kompas.com