Nasional

Jokowi: Saya Tahu Matematika Itu Perlu, Tetapi…

BOGOR, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo meminta agar para guru tak cuma mengajarkan ilmu yg berupa teori di sekolahan. Siswa juga perlu diajarkan budi pekerti.

“Saya tau matematika itu perlu, aku tau fisika itu juga perlu. Tapi yg diperlukan anak kalian khususnya di tingkat SMP, SD, TK dan PAUD adalah nilai etika, kejujuran, kedisiplinan, kerja keras optimisme,” kata Jokowi.

Pesan itu disampaikan Jokowi ketika membuka puncak peringatan hari guru nasional dan hari ulang tahun ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia tahun 2016, di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/11/2016).

Jokowi mengatakan, nilai-nilai karakter yg ia sebutkan tersebut perlu bagi ditanamkan sejak usia dini. Ia menilai, karakter-karakter tersebut sangat utama bagi membawa Indonesia menghadapi persaingan global dengan berbagai negara.

“Sekarang saja pertarungan sangat sengit sekali. Saya tidak mampu bayangkan pada 2030-2040. Kita milik bonus demografi, harapannya usia produktif mampu bersaing dengan negara lain,” kata Jokowi.

“Kalau nilai tadi tak disuntikkan, aku khawatir tahun itu tahun emas, kami dapat raih atau tidak. Itu Bapak Ibu guru miliki peran sentral,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Meneteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Jokowi juga sempat memberikan penghargaan Satya Lencana kepada 15 orang guru.

Kompas TV Kisah Teladan Untung, Guru Tanpa Tangan di Jatim

Sumber: http://nasional.kompas.com