Politik

Jokowi Sudah Terima Laporan Tahapan Revisi UU MD3

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyampaikan Presiden Joko Widodo telah menerima laporan terkait tahapan revisi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan Dewan Perwakilan Daerah (UU MD3). Hal ini diungkapkannya usai mendampingi Ketua DPR, Setya Novanto, menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka.

Dapatkan diskon Rp 300,000 buat tiket libur Natal & Tahun baru-mu“Tadi kalian mengatakan kepada Presiden tahapan daripada revisi yg masuk dalam Prolegnas 2016. Termasuk di dalamnya revisi UU MD3 yg sesuai dengan kesepakatan antara fraksi-fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat kemarin,” kata Fahri di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/12).

Menanggapi laporan pimpinan DPR, kata Fahri, Jokowi bertanya soal teknis revisi UU MD3 itu.

“Kami telah jawab kepada beliau bahwa di tingkat Dewan Perwakilan Rakyat pada dasarnya ini tak ada masalah. Tinggal pemerintah harus mengirimkan surat Presiden yg mengutus pejabat setingkat menteri buat melakukan pembahasan bersama Dewan Perwakilan Rakyat sesuai dengan undangan DPR,” jelasnya.

Fahri menambahkan, revisi UU MD3 baru mulai dibahas pada masa reses DPR. Setelah dibahas, hasil revisi mulai didorong pada Rapat Paripurna pada 10 Januari 2017.

Untuk diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat ketika ini tengah menggodok revisi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan Dewan Perwakilan Daerah (UU MD3). Revisi UU tersebut guna tidak mengurangi kursi pimpinan DPR.

Saat ini pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat RI terdiri dari lima orang, yakni Setya Novanto (Golkar), Fadli Zon (Gerindra), Fahri Hamzah (PKS), Agus Hermanto (Demokrat), dan Taufik Kurniawan (PAN). Sejumlah Fraksi termasuk PDI-P ketika ini sedang berusaha melakukan lobi-lobi buat tidak mengurangi sesuatu kursi pimpinan melalui upaya revisi UU MD3.Baca juga:
PKB isyaratkan tolak usul PKS minta kursi pimpinan MKD
Bagi PDIP yg utama mampu kursi pimpinan DPR
PKS minta jatah sesuatu kursi, ini kata Ketua MKD
Tambah kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat bagi PDIP cerminan haus kekuasaan
DPR mulai bahas Revisi UU MD3 dan UU ASN ketika masa reses
Revisi UU MD3 dibawa ke paripurna hari ini
DPR kebut pembahasan revisi UU MD3

Sumber: http://www.merdeka.com