Nasional

Ketum PAN Apresiasi Upaya Konsolidasi Politik Jokowi Usai 4 November

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengapresiasi langkah konsolidasi politik yg ditempuh Presiden Joko Widodo.

Konsolidasi itu dikerjakan Jokowi guna mendinginkan situasi dan keadaan keamanan di Tanah Air pascademonstrasi 4 November 2016.

Zulkifli mengatakan, upaya konsolidasi yg dikerjakan Jokowi memperlihatkan sikap pancasilais pemimpin Indonesia.

Sebab, Jokowi bersedia mendengarkan aspirasi masyarakat dengan mengundang dan mengunjungi sejumlah tokoh, organisasi, maupun lembaga.

“Kalau ada perbedaan dengan masyarakat, Pak Presiden mendengarkan, diundang, bahkan diajak makan siang. Termasuk hari ini tiba ke acara kita dalam rangka musyawarah mufakat. Ini kalian respect,” ujar Zulkifli ketika Rapimnas PAN di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (13/11/2016).

Zulkifli berharap, upaya konsolidasi yg dikerjakan Jokowi mampu benar-benar menangkap aspirasi masyarakat Indonesia.

Sehingga, permasalahan yg ketika ini terjadi, khususnya di Jakarta mampu diselesaikan secara berkeadilan.

“Kami bersyukur. Jakarta mudah-mudahan mulai sama dengan daerah lain. Proses hukum ini kalian mulai ikuti semoga berkeadilan,” kata Zulkifli.

Selama sepekan ini, Presiden aktif mengundang dan mengunjungi berbagai kelompok dan lembaga, akan dari TNI, Polri, ulama, habib, organisasi massa, pimpinan pondok pesantren, tokoh partai politik hingga unsur media massa.

Jokowi mengundang ulama dan habib dari berbagai organisasi massa Islam. Jokowi juga mengunjungi Pengurus Pusat Muhammadiyah dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Lalu, Kepala Negara mengucapkan terima kasih kepada Polri dan TNI dengan berkunjung ke Markas Besar TNI Angkatan Darat dan Mabes Polri. 

(Baca: Jokowi Temui Satuan di TNI-Polri, Ini Komentar JK)

Selain itu, Presiden memimpin upacara di Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat, Brimob Polri dan Marinir TNI Angkatan Laut. 

Kompas TV Di Balik Konsolidasi Jokowi dengan Tokoh Agama dan Militer

Sumber: http://nasional.kompas.com