Teknologi

“Keyboard” Google Gboard Sudah Tersedia Di Android

KOMPAS.com – Setelah lama hadir di iPhone sejak Mei lalu, pengguna Android di Indonesia kini telah mampu mencicipi kebolehan aplikasi papan ketik baru Google yg bernama Gboard.

Piranti lunak berupa keyboard virtual itu sudah tersedia dan mampu diunduh dari toko aplikasi Google Play Store bagi wilayah Indonesia pada akhir minggu ini.

Aplikasi Google Keyboard versi terdahulu yg sudah terpasang di ponsel pengguna Android mulai otomatis diperbarui ke Gboard.

Selain berubah nama, fitur-fitur Gboard pun lebih kaya dibanding pendahulunya. Salah sesuatu yg menonjol adalah jalan pintas (shortcut) ke kolom pencarian melalui tombol “G” yg tersedia.

Tombol G itu bersifat opsional. Pengguna mampu menyetel bagi memanfaatkannya atau tak di pengaturan keyboard, sebagaimana dilaporkan Phone Arena dan dihimpun KompasTekno, Minggu (18/12/2016).

Jika pengguna memilih memanfaatkannya, pencarian apa pun dapat dikerjakan sambil chatting dengan teman, mengirim e-mail, atau menulis catatan penting. Tak perlu lagi bolak-balik dari browser pencarian ke aplikasi.

Selain itu, ada juga dukungan tiga bahasa sekaligus alias multi-language bagi preferensi kata. Di keyboard Google sebelumnya, pengguna hanya mampu memilih sesuatu preferensi bahasa. Lebih detailnya, berikut fitur-fitur baru yg dapat diperoleh dari Gboard di Android

1. Tombol pencarian “G”
2. Toolbar tambahan bagi mengakses tema, pengaturan, dan mode sesuatu tangan (one-handed mode), cuma seandainya tidak mengaktifkan tombol G.
3. Tombol-tombol khusus bagi angka yg tidak menyatu dengan huruf (opsional).
4. Dukungan tiga bahasa bagi preferensi kata.
5. Pencarian buat emoji.
6. Pengetikan gestur (gesture typing) kini disebut glide typing.
7. Tombol GIF terus ditampilkan, namun tidak muncul pada aplikasi-aplikasi yg tidak mendukung.

Untuk mengunduh Gboard, silakan kunjungi tautan berikut ini.

Sumber: http://tekno.kompas.com