Memorisme Sejarah Keunikan Kota Tanjungpinang

info TanjungpinangMemorisme Sejarah Keunikan Kota Tanjungpinang. Tanjungpinang adalah ibukota provinsi Kepulauan Riau, kota ini tergolong sebagai kota tua yang telah melalui perjalanan panjang seiring perjalanan sejarah. Tanjungpinang menjadi saksi dari berbagai macam peristiwa bersejarah yang terjadi akibat persaingan dan perebutan kekuasaan antara berbagai macam pihak yang berkepentingan.

Memorisme sejarah kota Tanjungpinang terekam di hampir diseluruh sudut kota Tanjungpinang, terutama sekali Pulau Penyengat, Istana Kota Rebah (Hulu Riau), Tanjung Unggat dan Kampung Bulang.

Memorisme Sejarah Keunikan Kota Tanjungpinang
Memorisme Sejarah Keunikan Kota Tanjungpinang (pic)

Seperti juga kota-kota lain di dunia, jika kita menyebut nama sebuah kota itu akan terbayang beberapa hal yang identik dengan kota tersebut. Sebagai contoh, Jakarta dengan Monas dan Kuala Lumpur dengan Menara Kembarnya.

Karena Kota Tanjungpinang bukanlah sebuah kota yang metropolitan, maka jika kita menyebut nama Tanjungpinang akan terbayang dua hal berikut dibenak kita yaitu :

  • Pulau Penyengat Kota Tanjungpinang

Ada istilah ‘belum sampai ke Tanjungpinang kalau belum sampai ke Pulau Penyengat”. Pulau Penyengat adalah sebuah kota yang menjadi tempat berlangsungnya berbagai macam peristiwa bersejarah dimasa kejayaan Kerajaan Melayu Johor-Riau ataupun Kerajaan Melayu Riau-Lingga.

Secara administrative Pulau Penyengat masuk kedalam Kota Tanjungpinang sebenarnya Pulau Penyengat berada diseberang kota Tanjungpinang & untuk kesana kita harus menyeberangi laut kira-kira 10-15 menit dari Kota Tanjungpinang.

Di Pulau Penyengat sendiri terdapat berbagai macam situs sejarah diantara Masjid Sultan Riau, Makam Raja Haji Fisabillah & Makam Raja Ali Haji.

  • Makanan Favorit Kota Tanjungpinang

Seperti juga dikawasan Provinsi Kepulauan Riau yang lain, Kota Tanjungpinang juga memiliki makanan favorit yang tidak terdapat di Provinsi lain yaitu “Siput Gonggong”. Gonggong adalah sejenis siput yang terdapat di kawasan pantai Kepulauan Riau Penyebaran Siput Gonggong ini mayoritasnya berada diantara Kabupaten Lingga dan Pulau Bintan.

Bentuk cangkang yang unik dari siput gonggong ini akan memancing rasa penasaran bagi mereka yang belum pernah mencicipinya. Soal rasanya agak sulit dideskripsikan, lebih baik coba saja sendiri, setelah makan dua atau tiga gonggong dijamin anda akan terus-terusan ketagihan.

Itulah dua hal yang paling sering diingat jika kita menyebut nama kota Tanjungpinang terutama sekali bagi mereka yang pernah berkunjung ke Kota Tanjungpinang. Kota kecil dengan penduduk kurang dari 200.000 jiwa ini menyimpan beragam keunikan disetiap sudut kotanya. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

You might like

About the Author: infotanjungpinang

Hati perlu iman, otak perlu ilmu. Marilah kita beriman dan berilmu. Indahnya hidup berkah dengan berbagi ilmu.