Teknologi

Orang Indonesia Paling Banyak “Googling” 10 Produk Teknologi Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Inovasi teknologi terus bergerak cepat dan hampir tidak berjeda. Sepanjang 2016, tidak kurang dari selusin smartphone baru hadir dengan spesifikasi mumpuni dan fitur unik.

Layanan internet pun semakin beragam. Para developer berlomba-lomba menghadirkan layanan yg relevan buat netizen, baik berupa game, media sosial, penunjang produktivitas, dll.

Dari sekian banyak inovasi teknologi, ada segelintir yg menyita perhatian dan memancing rasa penasaran masyarakat Indonesia. Alhasil, mesin pencari Google dijadikan wadah bertanya dan mencari informasi.

Menurut data Google, Samsung Z2 yaitu produk teknologi yg paling banyak di-googling selama setahun, sebagaimana dibeberkan dalam acara Year in Search, Rabu (14/12/2016) di The Gunawarman, Jakarta.

Keunikan Samsung Z2 terletak pada sistem operasi dan harganya. Smartphone yg dirilis pada September dulu di Indonesia tersebut memakai sistem operasi Tizen yg baru pertama kali masuk Tanah Air.

Harganya pun bersahabat, tidak sampai Rp 1 juta. Ini di luar kebiasaan Samsung yg kerap launching produk-produk premium dengan harga tinggi. 

Ponsel Selfie

Oppo F1 dan Vivo V5 juga masuk dalam jejeran 10 produk teknologi yg paling banyak dicari netizen di kolom penelusuran Google. Hal ini memperlihatkan minat masyarakat yg tinggi mulai selfie.

Pasalnya, Oppo F1 dan Vivo V5 sama-sama hadir dengan mengandalkan kamera depan buat selfie. Slogannya pun mirip namun tidak sama.

Oppo F1 mengusung slogan “Selfie Expert” dengan keunggulan kamera depan 16 megapiksel. Sementara itu, Vivo V5 yg muncul belakangan menobatkan diri sebagai ponsel “Perfect Selfie” dengan kamera depan 20 megapiksel.

Dua ponsel lainnya yg paling dicari adalah Xiaomi Redmi 3 dan iPhone SE. Keduanya adalah ponsel dengan spesifikasi kompetitif dan harga relatif murah.

Netflix

Beranjak dari ponsel, netizen Indonesia juga banyak mencari tahu soal layanan internet. Netflix yg resmi masuk Indonesia pada Januari dahulu menjadi salah sesuatu yg banyak di-googling.

Selain karena menjadi solusi buat pecinta film, layanan video on-demand tersebut sempat menjadi kontroversi karena sifatnya yg disruptive. Pemberitaan soal Netflix pun ramai di media massa dibahas di media sosial.

Untuk selengkapnya, berikut 10 produk teknologi yg paling dicari netizen Indonesia di kolom penelusuran Google selama setahun secara berurutan.

1. Samsung Z2
2. Line Webtoon
3. Joox Music
4. Oppo F1
5. ROBLOX
6. Netflix
7. Xiaomi Redmi 3
8. Smule
9. iPhone SE
10. Vivo V5

Sumber: http://tekno.kompas.com