Tanjungpinang

PAK LIS MELEPAS PESERTA GERAK JALAN 17 KM

Info TanjungpinangPak Lis melepas peserta gerak jalan 17 km. Kesemarakan Hari Kemerdekaan yang ke- 70 begitu terasa di Kota Tanjungpinang, pasalnya berbagai kegiatan telah dilaksanakan pemerintah kota tanjungpinang, mulai dari permainan rakyat, colour fun jalan santai serta malam hiburan.

PAK LIS MELEPAS PESERTA GERAK JALAN 17 KM
PAK LIS MELEPAS PESERTA GERAK JALAN 17 KM

Untuk menambah meriahnya peringatan proklamasi 17 Agustus, Pemerintah Kota Tanjungpinang, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang, menyelenggarakan lomba Gerak Jalan kategori 17 Km.

Terkait penamaan kegiatan yang dahulunya bernama gerak jalan Tri Lomba Juang, mulai tahun ini diganti dengan Gerak Jalan Proklamasi, artinya bukan hanya bermakna lomba gerak jalan 17, 8 dan 45 km saja, namun lebih dari pada itu adalah gerak jalan untuk memperingati hari proklamasi kemerdekaan RI.

Tepat Pukul 06.00 wib pagi tadi, Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, melepas peserta dari Gerak Jalan 17 Km yang mengambil start di Terminal Sungai Carang, Bintan Center Tanjungpinang, Selasa (25/8).

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si, unsur FKPD, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Suparno, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Djafnurinsyah, SE, para Staf Ahli, Asisten, jajaran Kepala SKPD, Mantan Bupati Bintan, Ansar Ahmad, serta Ketua DWP, ibu Ersa Riono, ikut melepas gerak jalan tersebut.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, mengakui bahwa dirinya senang dengan membludaknya jumlah peserta pada tahun ini, hal itu, berarti antusias masyarakat sangat tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan pemerintah, “ Ini merupakan bukti kesadaran dari seluruh masyarakat, bahwa ikut serta dalam kegiatan pemerintah itu sangat penting, dan ini pun bentuk dari rasa persatuan dan sinergitas diantara pemerintah dan masyarakat,”Ucap Lis

Pelaksanaan gerak jalan proklamasi di tanjungpinang ini, Kata Lis, sudah menjadi tradisi, dan ini telah dilaksanakan sejaka lama, “ Pelaksanaanya sudah dimulai sejak tahun 1980-an”. Kata Lis

Sementara itu, Ketua Panitia Gerak Jalan Proklamasi, Zamanes, menjelaskan bahwa tadinya peserta yang mendaftar sebanyak 490 regu, namun dari jumlah yang mendaftar tersebut, peserta yang lengkap dan siap mengikuti gerak jalan 17 Km ini sebanyak 348 regu.”Berkurangnya jumlah peserta itu, karena ada regu yang tidak lengkap, bahkan ada satu regu yang tidak datang, dan akhirnya batal. ”Jelasnya

Ia menambahkan, gerak jalan proklamasi ini, masih berlanjut untuk kategori 8 Km, yang akan dimulai pada Kamis (27/8) mendatang pada pukul 06.00 wib, sementara untuk kategori 45 Km akan dilaksanakan pada Sabtu (29/8), dan dimulai pada pukul 20.30 wib, kedua kategori itu, akan dilepas di Terminal Sungai Carang, Bintan Center,” Tambahnya.

Untuk rute gerak jalan, peserta bergerak mulai dari terminal sungai carang, kemudian melewati bundaran naga, menuju simpang Km. 10, Jalan D.I. Panjaitan, Polresta, Jalan Seijang, bergerak lagi menuju Jalan Pemuda, Jalan Basuki Rahmat, Jalan. Yosudarso, Jalan Usman Harun, dan finish di Melayu Square Tepi Laut.

Disepanjang jalan protokol itu, sudah padat dipenuhi masyarakat yang tak mau ketinggalan menyaksikan teman, kerabat, dan keluarga yang ikut pada lomba gerak jalan tersebut. Warga yang menonton pun berteriak, memberikan semangat kepada peserta gerak jalan.

Yang uniknya lagi, beragam kostum dikenakan oleh para peserta, mulai dari seragam olahraga, tentara, yang menjadi perhatian menarik bagi masyarakat, peserta ada yang mengenakan kostum unik dan atribut tambahan, seperti kostum mumi, pakaian adat, baju tidur, ada yang membawa payung, bahkan wajah mereka pun di warnai dengan cat-cat berwarna warni, yang membuat tawa para penonton.

Sepanjang jalan mereka menyuarakan lagu kebangsaan dan yel-yel dengan langkah seirama, ada juga yang sambil berjoget, hal itulah yang membuat para peserta dan penonton bersemangat.

Sumber : Humas kota Tanjungpinang