Politik

PDIP Sudah Siapkan Nama Buat Duduk Di Kursi Pimpinan DPR

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah memiliki sesuatu nama bakal diplot menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Politisi PDIP Masinton Pasaribu menyampaikan kader itu terpilih dari berasal 109 anggota fraksi.

Pergi.com bagi-bagi voucher tiket pesawat Rp 100,000Satu kader itu dipilih dari 109 anggota fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat melalui mekanisme penyaringan di internal DPP PDIP. “Semua 109. Semua Anggota fraksi lah. Semua anggota fraksi dijaring, kemudian dikerjakan penyaringan oleh DPP,” kata Masinton ketika dihubungi merdeka.com, Selasa (3/1).

Meski demikian, anggota Komisi III ini enggan membuka siapa nama kader PDIP mulai ditugaskan sebagai pimpinan DPR. Dia cuma memastikan nama calon pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat dari PDIP mulai dibacakan di sidang paripurna.

“Nanti tinggal tunggu saja di paripurna dibacakan di paripurna. Wah ini nanti diumumkan sekarang enggak lagi nunggu-nunggu,” tegasnya.

Sebelumnya, Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat menggelar pertemuan harmonisasi revisi terbatas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). Hasilnya, ada empat poin yg disepakati oleh semua fraksi partai yg hadir. 4 poin itu di antaranya penambahan unsur pimpinan di MPR, DPR, MKD, dan penguatan Badan Legislasi.

“Terkait empat poin merupakan penambahan unsur pimpinan di MPR, DPR, MKD, dan penguatan Baleg diberikan kewenangan mengusulkan UU. Terkait usulan PKS dalam MKD, seluruh fraksi sepakat kecuali Gerindra namun seluruh fraksi setuju, ya telah berlanjut,” kata Ketua Baleg Supratman Andi Agtas.

Soal penambahan pimpinan MPR dan DPR, segala fraksi partai yg hadir setuju dengan usulan PDIP bagi tidak mengurangi sesuatu kursi wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan MPR. Namun, ketentuan penambahan ini masuk dalam pasal peralihan dari pasal 15 soal kursi pimpinan MPR dan pasal 84 tentang komposisi pimpinan DPR.
Sumber: http://www.merdeka.com