Bintan

Pejabat Bintan di Mutasi Eselon I, II, III

info Tanjungpinang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melakukan perombakan pejabat dilingkup Pemkab Bintan, sebanyak tujuh pejabat eselon II dimutasi menduduki posisi baru. Kegiatan Pengambilan sumpah jabatan berlangsung khikmad di Gedung Aula Kantor Bupati Bintan, Senin (9/2).

Informasi yang berhasil dihimpun Haluan Kepri, ketujuh pejabat eselon II yang dimutasi untuk menjabat dibidang baru diantaranya Supriyono yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Bintan, dimutasi menggantikan Yandrisyah sebagai Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bintan, sedangkan Yandrisyah sendiri menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Bintan.

Pejabat Bintan di Mutasi Eselon I, II, III
Pejabat Bintan di Mutasi Eselon I, II, III

Sedangkan Ismail yang sebelumnya menjabat Kadishub Bintan, bergeser menjadi Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Bintan menggatikan Edi Yusri. Sementara Edi Yusri menempati posisi sebagai Kadistamben Bintan menggantikan Supriyono. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bintan yang sebelumnya dijabat Patimura digantikan M Panca Azdigoena, sedangkan posisi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan yang sebelumnya dijabat Patimura digantikan M Panca Azdigoena.

Ellizar Juned yang sebelumnya menjabat sebagai Staff Ahli Bidang Pembangunan Pemkab Bintan, saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bintan menggantikan Wan Rudi.

Mutasi pejabat golongan eselon II yang dilakukan Pemkab Bintan, menurut Bupati Bintan, Ansar Ahmad adalah bentuk penyegaran dibeberapa posisi pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Bintan. Ansar meminta kepada pejabat yang menjabat jabatan baru agar bisa dapat menyesuaikan diri dengan jabatan barunya.

“Supaya mereka bisa tingkatkan, selain itu mereka bekerja juga harus dengan tingkat kehati-hatian yg tinggi, sekarang pengawasan semakin diperketat,” ujar Ansar usai pelantikan.

Selain itu juga, Ansar berpesan kepada pimpinan SKPD yang baru agar kiranya dapat lebih membuka diri kepada bawahan. Karena menurutnya, seorang pemimpin akan bisa berhasil menjalankan tugasnya bila bisa dekat dengan bawahannya. “Subsistem yang ada dibawah juga harus diberdayakan, seorang Kepala SKPD selalu berhasil bila membuka diri dengan bawahannya. Artinya selalu melakukan hal-hal yg prefentif,” pesannya.

Dari beberapa pejabat eselon II yang menduduki posisi baru, Ansar lebih menekankan kepada Ellizar Juned yang menjabat sebagai Kepala DKP Bintan. Dimana DKP memiliki tanggung jawab yang paling besar untuk tetap memberdayakan potensi maritim yang ada di Bintan dan bisa menyesuaikan dengan kebijakan-kebijakan dari Menteri Kelautan, Kemaritiman, dan Perikanan RI.

Namun demikian, Ansar percaya bahwa dengan konsep kerja yang diterapkan seorang Ellizar Juned mampu memberikan kontribusi yang kuat untuk mendukung potensi kemaritiman yang ada di Bintan. “Pak Ellizar itukan pejabat senior, saya yakin selama ini beliau punya kinerja dengan sentuhan, dia juga punya konsep bekerja sewaktu menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bintan,” ucap Ansar.

Ansar juga berharap, dengan penyegaran yang dilakukan dibeberapa SKPD Pemkab Bintan, kedepannya bisa memberikan kontribusi lebih terhadap capaian Laporan Akutabilitas Kinerja Publik (LAKIP) yang sebelumnya Pemkab Bintan mendapat nilai B plus. “Secara menyeluruh mencapai B plus, tinggal mencapai satu grid lagi bisa mencapai A, ini yang kita harapkan dengan pelantikan pejabat yang baru,” tuturnya.

Selain pejabat eselon II, beberapa pegawai eselon III juga dilakukan rotasi. Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bintan Nomor SK.821.23-14 Tahun 2015, sebanyak dua pejabat eselon golongan IIIa dan 11 pejabat eselon golongan IIIb juga turut dirotasi oleh Bupati Bintan.