Tanjungpinang

Pelantikan Pejabat Struktural Pemko Tanjungpinang Eselon II III IV

info Tanjungpinang – Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH melantik 366 pejabat struktural eselon 2, 3, dan 4 di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Senin (9/2), di aula Gedung Wanita Kota Tanjungpinang. selain 366 pejabat tersebut, dilantik juga 14 orang Kepala Sanggar Kegiatan belajar, Pengawas Sekolah, serta Kepala Sekolah. Dari 366 pejabat struktural tersebut, 18 orang diantaranya adalah oejabat eselon 2, 105 pejabat eselon 3, serta 243 orang pejabat eselon 4. Meski demikian, ada 2 lowongan yang kosong untuk pejabat eselon 2 yang masih kosong, yaitu Kepala Dinas PU dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.

Pelantikan Pejabat Struktural Pemko Tanjungpinang Eselon II III IV
Pelantikan Pejabat Struktural Pemko Tanjungpinang Eselon II III IV

Dikatakan Lis, untuk sementara posisi kosong tersebut akan diisi oleh pejabat lain yang tunjuk sebagai Pelaksana tugas (Plt), yang dalam hal ini dilimpahkan kepada sekretaris dinas masing-masing. “Dua posisi tersebut masih dalam tahap pertimbangan, karena untuk mengisi posisi tersebut kita butuh orang yang spesifik juga sesuai dengan bidang kerjanya.” Ujar Lis usai melantik. “Untuk pejabat eselon 3 yang berkompeten, tidak menutup kemungkinan setelah ini akan mendapat promosi untuk dilantik menjadi eselon 2. Karena persaingan juga semakin ketat. Tidak perlu meminta jabatan, yang kinerjanya baik maka kenaikan jabatan akan datang dengan sendirinya.” Katanya lagi.

Pejabat yang baru dilantik, lebih lanjut diungkapkan lis, jangan terjebak dengan rutinitas, namun harus lebih fokus pada kebutuhan masyarakat. “Karena tugas dan tanggung jawab seorang aparatur tidak berbatas waktu, dan melekat terus selama ia mengabdi.” Katanya. Selain memilih para pejabatnya, dihari yang sama Lis juga memberikan pembekalan pengetahuan hukum kepada seluruh pejabat eselon 2, 3 dan 4 sebelum dilantik. Hal tersebut, menurut Lis,untuk meningkatkan pemahaman hukum dikalangan pejabat untuk menunjang kinerja dan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan. “Dengan mengenali hukum, maka akan menjauhkan kita dari permasalahan hukum. Khususnya dalam penanganan dokumen-dokumen kerja.” Kata Lis. Pelaksanaan pembekalan itu sendiri menghadirkan Kepala Kejaksaaan Negeri Herry Ahmad Pribadi, SH, MH sebagai narasumber.

Adapun pejabat eselon 2 yang baru dilantik diantaranya Gunawan Grounimo sebagai Asisten Administrasi Umum Setdako Tanjungpinang, Drs. Ahadi sebagai Asisten Kesejahteraan dan Kemasyarakatan Setdako Tanjungpinang, Drs. Mekhwanizar, MM sebagai Asisten Pemerintahan, Drs. Dimyath, M.Si sebagai Asisten Ekonomi Pembangunan Setdako Tanjungpinang, R. Khairani sebagai Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, Drs. Wan Kamar sebagai Kepala Badan Kesbangpol Penmas, Yuswandi, SH, MH sebagai Kepala BLH, Drs. Tengku Dahlan sebagai Kepala BPPT, Drs. Marzul Hendri sebagai Kepala Badan Perpustakaan, Arsip, dan Museum, Ir. Almazuar amal sebagai kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman, Drs. Muhammad Juramadi Esram sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dr. Syafrial Evi. MS, S.Sos, MM sebagai Kepala Dinas Pasar, Koperasi dan UMKM, Drs. HZ. Dadang. AG sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Suyatno, AMP sebagai Kepala Dinas Perindustrian, Ekonomi Kreatof dan Penanaman Modal, Drs. Efiyar M. Amin sebagai Kepala Dinas Tata Kota dan Pengawasan Bangunan, Drs. Abdul Kadir Ibrahim, MT sebagai Sekretaris DPRD, Drs. Ali Hisyam sebagai Staf Ahli bidang Ekonomi dan Keuangan, serta Ir. Robert Pasaribu sebagai Staf Ahli bidang Pembangunan.

Sementara itu, untuk pejabat eselon 3 yang dilantik diantaranya beberapa pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang seperti Samsudi, S.sos sebagai Kabag Hukum, Faisal Pahlevi, S.STP sebagai Kabag Humas dan Protokol, Nadzib Agus Setiabudi, S.Pd sebagai Kabag Kesra, Afrida Khairani, AMP sebagai kabag Keuangan, Drs. Wan Khairil sebagai Kabag Ortal, Hendri, ST sebagai Kabag Pembangunan, Ahmad Nur fatah sebagai Kabag Pemerintahan, Drs. Abdul Basyid sebagai Kabag Perekonomian, dan Djasman, S.Sos sebagai Kabag Umum dan Perlengkapan. Adapun Herman Suprijanto, SH dilantik sebagai Kabag Persidangan dan Produk Hukum di Sekretariat DPRD Kota Tanjungpinang.

Untuk pejabat eselon 4 sendiri, beberapa nama yang dilantik seperti Lis Adhayatni sebagai Lurah Air Raja, Prihatmi Eko Diantoro sebagai Lurah Dompak, Fery Ismana sebagai Lurah Melayu Kota Piring, Sri Rahayu. A sebagai Lurah Penyengat, Imam Firyadi sebagai Lurah Pinang Kencana, Slamet Hariyadi sebagai Lurah Tanjungunggat, Wimmy Dharma Hidayat sebagai Lurah Tanjungpinang Barat, serta Vina Saktiani sebagai Lurah Tanjungpinang Kota.

Usai pelantikan pejabat struktural eselon 2, 3 dan 4, diserahkan pula Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Adapun total belanja SKD Tahun Anggaran 2015 sebesar Rp. 994.250.247.300,-. Dengan diserahkannya DPA tersebut, berarti kegiatan sudah mulai bisa berjalan.  Walaupun ada 2 dinas yang masih dipimpin oleh Plt, namun Lis berjanji bahwa hal tersebut tidak akan berlangsung lama dan tidak akan menganggu kinerja dinas terkait.

Sumber: Pemerintah Kota Tanjungpinang