Kepri Tanjungpinang

Pelepasan Calon Jamaah Haji oleh Walikota Tanjungpinang

info Tanjungpinang – Acara pelepasan Calon Jamaah Haji 1435 H/2014 M dihadiri oleh walikota tanjungpinang bersama dengan wakilnya. Jutaan umat muslim diseluruh dunia berlomba-lomba mengejar pahala dengan menunaikan ibadah haji sesuai dengan rukun islam ke-5. Tak terkecuali bagi umat muslim di Kota Tanjungpinang. Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH melepas 198 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Tanjungpinang, Kamis (28/8), di aula Asrama Haji. Rombongan JCH Kota Tanjungpinang sendiri akan berangkat menuju Batam pada tanggal 31 Agustus mendatang.

Walikota Tanjungpinang Foto Bersama dengan Jamaah Haji
Walikota Tanjungpinang Foto Bersama dengan Jamaah Haji

Dari 198 orang JCH tersebut, 2 diantaranya termasuk petugas pendamping yang akan mengurus segala keperluan jamaah selama berada di tanah suci Mekkah. Demikian disampaikan Muhammad Nasir selaku Kakan Kemenag Kota Tanjungpinang. Jamaah calon haji Kota Tanjungpinang sendiri terdiri dari 86 orang laki-laki dan 112 orang perempuan dan dibagi lagi menjadi 18 regu serta 5 rombongan.

Wako dan Wawako Tanjungpinang menyalami Calon Jamaah Haji Laki-laki
Wako dan Wawako Tanjungpinang menyalami Calon Jamaah Haji Laki-laki

Nasir mengatakan, persiapan para JCH sudah dilakukan semaksimal mungkin, karena segala kegiatan penunjang dalam rangka mempersiapkan para jamaah untuk menunaikan ibadah di tanah suci Mekkah sudah dimulai sejak bulan Juni 2014 silam. “Insyaallah semua jamaah Kota Tanjungpinang siap lahir bathin untuk menunaikan ibadah haji disana, termasuk pelayanan kesehatannya.” Ujar Nasir.

Wako dan Wawako Tanjungpinang menyalami Calon Jamaah Haji Perempuan
Wako dan Wawako Tanjungpinang menyalami Calon Jamaah Haji Perempuan

Wako sendiri berpesan kepada para JCH agar selalu menjaga 3 hal utama dalam melaksanakan ibadah di Mekkah nantinya. Tiga hal tersebut yaitu dapat menahan nafsu, menghindari perbuatan tercela, serta meningkatkan kesabaran. “Kesabaran itu hal yang paling penting. Karena selama disana tanpa kita sadari kita selalu diuji kesabarannya melalui hal-hal yang sering kita abaikan.” Kata Lis. “Selain itu, harus bisa beradaptasi dengan budaya disana. Patuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab selaku tuan rumah. Yang tak boleh dilupakan juga selalu jaga kekompakan dan rasa kebersamaan antar sesama jamaah Kota Tanjungpinang” Katanya lagi.

Prosesi pelepasan JCH menuju ke tanah suci ditandai dengan tradisi tepuk tepung tawar oleh Walikota Tanjungpinang, Wakil Walikota H. Syahrul, S.Pd, Sekda Kota Drs. Riono, M.Si, serta para tokoh masyarakat  yang hadir. Tepuk tepung tawar diwakili oleh 2 orang oeserta sebagai peserta termua dan tertua. Tercatat, Ahmad Sofwan sebagai jamaah termuda dengan usia 26 tahun dan Muhammad Wahab bin Wahab sebagai jamaah tertua dengan usia 79 tahun. Lis beserta seluruh undangan yang hadir pun berdoa agar para JCH Kota Tanjungpinang bisa pergi dan pulang dengan selamat sambil tak lupa menitipkan doa agar Kota Tanjungpinang tetap aman, tenteram, dan nyaman.

 

Sumber: Humas Pemerintah Kota Tanjungpinang