Kepri Tanjungpinang

Pembentukan Pengembangan Forum Anak Kota Tanjungpinang

info TanjungpinangPembentukan Pengembangan Forum Anak Kota Tanjungpinang. Anak adalah anugrah yang diberikan oleh Allah SWT, sudah selayaknya anak-anak diberikan hak-hak, serta perlindungan. Anak merupakan harapan begi orang tua, masyarakat dan negara, maka perlu mendapatkan pemenuhan hak, khususnya partisipasi anak dalam proses pembangunan.

Oleh karena itu, forum ini merupakan wadah untuk berkumpul dan menyampaikan informasi aspirasi anak yang perlu di  dengar, agar kita tahu apa saja yang menjadi keinginan dan kebutuhan anak “. Demikian yang disampaikan Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, saat membuka kegiatan Pembentukan dan Pengembangan Forum Anak tingkat Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Tanjungpinang, di Gedung Serba Guna, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Rabu (22/10).

Pembentukan Pengembangan Forum Anak Kota Tanjungpinang (Wakil Walikota)
Pembentukan Pengembangan Forum Anak Kota Tanjungpinang (Wakil Walikota)

Dikatakannya lagi, agar tercapainya visi pemerintah dalam menciptakan keluarga yang berakhlak mulia, perlu adanya kerjasama dan peran akif kita semua, baik itu orang tua, pemerintah, guru, serta masyarakat untuk menanamkan iman dan akhlak mulia bagi generasi muda.

Saya mengharapkan, dengan adanya forum anak ini dapat menjembati, serta mendorong anak-anak menciptakan iklim dan suasana serta kompetif dalam pengembangan diri, sehingga anak-anak lebih aktif terlatih, bukan saja menuntut haknya, tetapi dapat menjalankannya kewajibannya, serta dapat menyumbangkan pemikiran dan ikut serta dalam pembangunan.” Pungkasnya.

Sebelumnya dalam laporannya, H. Ahmad Yani, S.Sos, MM, M, Kes, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3AKB) Kota Tanjungpinang, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat upaya pemenuhan hak anak untuk taraf, tumbuh berkembang dan berpartisipasi yang dapat disalurkan dalam wadah ini.

Sehingga nantinya, anak-anak yang tergabung dalam forum ini dapat dilibatkan dalam kegiatan pemerintahan yaitu musrembang. Dengan itu, anak-anak dapat menyampaikan pandangan, aspirasi, suara, keinginan serta kebutuhan mereka yang harus didengar oleh pemerintah dalam proses pengambilan keputusan pembangunan dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga Kota Tanjungpinang.” jelasnya.

Peserta kegiatan ini berjumlah 230 orang terdiri dari Camat, Lurah, Kasi Pembangunan, LPM serta anak-anak utusan dari Kecamatan, Kelurahan, Osis, Karang Taruna, Pramuka Remaja Masjid serta organisasi anak lainnya yang ada di Kota Tanjungpinang.

Pembentukan Pengembangan Forum Anak Kota Tanjungpinang (Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)
Pembentukan Pengembangan Forum Anak Kota Tanjungpinang (Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

Hadir pada kegiatan ini, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Ketua GOW Kota Tanjungpinang, Juariah Syahrul, Kepala SKPD, Camat, Lurah serta perwakilan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI selaku narasumber.

 

Sumber: Humas Pemerintah Kota Tanjungpinang