Bintan

Pemerintah Pusat Akan Kucurkan Dana Puluhan Milyar

info Tanjungpinang – BINTAN  – Kabupaten Bintan yang saat ini tengah gencar melakukan pengembangan kawasan industri pariwisatanya, ternyata mendapat lampu hijau dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Pariwisata Republik Indonesia (Menpar RI). Hal ini diungkapkan, Bupati Bintan, Ansar Ahmad di Bintan baru-baru ini, Minggu (15/2).

Menurut Ansar, usai melakukan peninjauan dibeberapa kawasan di Bintan beberapa waktu lalu. Menpar RI lanjutnya, akan mendukung pengembangan kawasan pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) termasuk di Bintan. Dalam kunjungan singkat Menpar ke Bintan, Ansar mengatakan, Menpar berencana akan mengucurkan dana hingga 100 miliar untuk pariwisata di Kepri.

“Informasi yang saya terima kemarin, pak Menteri akan membantu 100 miliar untuk pengembangan industri pariwisata di Kepri, untuk meningkatkan grid Kota Batam dan Kabupaten Bintan,” kata Ansar.

Bupati Bintan dua periode itu juga menambahkan, dana bantuan dari pusat nantinya akan dimanfaatkan untuk pengembangan industri pariwisata pedesaan seperti kawasan hutan mangrove. Selain itu juga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan meminta dukungan dari pusat untuk bantuan mempromosikan Bintan kerana yang lebih luas.

“Kita juga minta dukungan pak Menteri untuk mendukung promosi Bintan serta membantu kegiatan-kegiatan iven wisata di Bintan. Pengembangan kawasan ekowisata juga akan menjadi prioritas kedepannya nanti,” ungkap Ansar.

Untuk pengembangan kawasan ekowisata, Ansar mengatakan, kawasan hutan mangrove yang berada dibeberapa wilayah di Bintan seperti disekitar alur sungai yang terdapat dibeberapa jembatan disepanjang Jalan Lintas Barat. “Mungkin kita akan menkonsepnya seperti tour mangrove yang nanti akan dikelola oleh Desa setempat, untuk pengembangan pendataan juga,” tuturnya.

Pada saat pak Menpar RI mengunjungi Bintan, Ansar menceritakan, beliau (Menpar-red) sangat takjub melihat kawasan wisata Bintan. “Pak Menteri bilang, bahwa semuanya sudah terkonsep dipikirannya pak Menpar untuk pengembangan kawasan wisata di Bintan,” kata Ansar menyerukan pendapat Menpar RI pada saat itu. (Humas Kabupaten Bintan)