Bintan Kepri

Pemkab Bintan mengadakan Lomba Masak Serba Ikan

info TanjungpinangPemkab Bintan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menggelar lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Bintan di Lapangan Antam, Kecamatan Bintan Timur, Selasa (11/3). Perlombaan yang menggunakan ikan paten sebagai bahan dasarnya ini diikuti 10 kecamatan di Bintan. Ajang masak serba ikan yang dilaksanakan sebagai bentuk pengembangan usaha industri pengolahan hasil perikanan laut Bintan ini menghadirkan juri kondang chef asal Hotel Lagoi dan juga ahli gizi Bintan.

Pemkab Bintan mengadakan Lomba Masak Serba Ikan
Pemkab Bintan mengadakan Lomba Masak Serba Ikan

Pertandingan yang diikuti 20 peserta yang diwakili dua peserta dari 10 kecamatan ini dimengkan oleh ibu-ibu PKK asal Kecamatan Toapaya. Kepala Dinas DKP Bintan, Wan Rudi mengatakan kegiatan yang Pemkab Bintan laksanakan ini bertujuan menggerakan masyarakat untuk gemar memakan ikan. Selain itu, mendorong percepatan peningkatan konsumsi ikan bagi masyarakat Bintan. Sehingga hal ini juga sebagai even memperkenalkan keanekaragaman masakan dan diversifikasi produk olahan ikan pada pihak luar.

“Kegiatan ini sangat mendukung ketahanan pangan dan gizi keluarga, sehingga dampaknya kegiatan ini bisa tersebarluaskan tentang ikan, olahan masakan ikan dan kandungan gizi yang bisa bermanfaat bagi manusia,” ujarnya. Wakil Bupati Bintan, Khazalik mengatakan kuliner yang menggunakan bahan dasar ikan ini sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya ikan mengandung protein hewani ini juga mengandung asan lemak omega tiga yang mampu meningkatkan kecerdasan.

Selain itu, juga menjadikan tubuh sehat dan kuat. ”Kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan gizi masyarakat, selain itu juga meningkatkan minat konsumsi ikan,” katanya. Pemkab Bintan akan terus menggalakan sektor kelautan dalam hal ini ikan mensubsidikan harga ikan yang akan relatif murah. Sehingga kemampuan masyarakat dalam menkonsumsi ikan terjangkau.

“Diharapkan dengan cara ini bisa tingkatkan konsumsi ikan tidak hanya di Bintan tapi Kepri maupun nasional. Karena target kita bisa melebihi dari tahun 2013, yaitu target nasional 33, 86, Kepri 48, 59 dan di Bintan capai 65 Kg per kapita,” akunya. Orang nomor dua di Bintan ini berharap agar kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat agar lebih membudayakan mengkonsumsi ikan. Karena dengan ikan, bisa menciptakan keanekaragaman menu masakan, manfaat yang begitu banyak dan bisa tersosialisasikan menu ikan sebagai penunjang parawisata di Kabupaten Bintan.

Sementara itu, Ketua PKK Bintan, Dewi Kumalasari Ansar mengatakan masakan yang dibuat ibu-ibu rumah tangga sangat baik untuk kehidupan keluarganya. Karena pasokan gizi, vitamin dan lainnya yang terkandung dalam ikan ini bisa membuat tubuh manusia menjadi sehat dan kuat.”Hasil pangan yang berasal dari alam Bintan ini sangat baik jika diolah masyarakat Bintan. Sehingga ini selain bermanfaat bagi peningkatan ekonomi juga berdampak bagi me ningkatnya kesehatan. Selain itu juga berdampak pada meningkatnya SDM Bintan,” katanya.

Sumber: Humas Kabupaten Bintan