Penuhi TKDN, IPhone 7 Sudah Bisa Dijual Resmi Di Indonesia

KOMPAS.com – iPhone 7 dipastikan bakal dijual secara resmi di Indonesia. Hal tersebut diketahui setelah smartphone teranyar Apple itu sudah memenuhi syarat atau mendapatkan sertifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

KompasTekno sudah menghubungi Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate), Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, bagi kepastian pemenuhan TKDN oleh Apple tersebut. Menurut Putu, kabar itu memang benar adanya.

“Sangat benar (pemenuhan TKDN) karena Apple memakai Skema Investasi buat mendapatkan TKDN,” tutur Putu melalui layanan pesan singkat kepada KompasTekno, Sabtu (10/12/2016).

Baca: Erajaya Bersiap Impor iPhone 6s dan iPhone 7 ke Indonesia

Skema investasi yg dimaksud Putu tercantum dalam pasal 25 peraturan Permenperin No 65 tahun 2016 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam (Handheld), dan Komputer Tablet.

Dalam peraturan tersebut, perhitungan TKDN berbasis ini cuma berlaku buat investasi macam baru. Sebuah perusahaan dapat menanam investasi dengan nilai tertentu bagi pemenuhan nilai TKDN.

Apple sendiri, menurut Putu, memenuhi TKDN 30 persen dari aturan tersebut. Itu artinya, Apple sudah berkomitmen buat berinvestasi sebesar Rp 550 miliar hingga Rp 700 miliar bagi pemenuhan TKDN.

Putu sendiri tak menyebutkan nilai pasti dari investasi yg dikerjakan oleh Apple di Indonesia.

Sudah lulus uji Postel

Selain sudah memenuhi TKDN, iPhone 7 juga telah lulus pengujian dari Balai Uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pantauan KompasTekno di situs Ditjen SDPPI, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus masing-masing dengan kode “Apple A-1788” dan “Apple A-1784” menunjukan status “sertifikat dicetak”, dengan update terakhir pada 25 November 2016.

Kala itu, kedua seri iPhone 7 sempat terganjal regulasi TKDN. “Permohonan ada kekurangan TKDN. Hubungi Lt. 8 GSP,” demikian tertulis dalam catatan persoalan duo iPhone 7 tersebut di situs Ditjen SDPPI.

Baca: Ingat, iPhone Lawas Tidak Bisa WhatsApp-an Lagi Awal 2017

Dengan dicetaknya sertifikasi TKDN iPhone 7, tentunya persoalan tersebut seharusnya telah teratasi. iPhone 7 pun telah mampu dijual secara resmi oleh Apple. Namun, masih tersisa sesuatu pertanyaan besar. Kapan tepatnya iPhone 7 benar-benar mulai dijual?

Apple mampu saja memanfaatkan masa liburan di bulan Desember ini. Namun, waktu yg tersisa cukup mepet. Itu artinya, kemungkinan besar iPhone 7 baru mulai beredar di awal-awal tahun 2017.

Sumber: http://tekno.kompas.com

You might like

About the Author: Editor Tim