Penyeludup Narkoba Di Tangkap BC

Tanjungpinang (IT) -Pengawasan Dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe pabean B Tanjungpinang , bersama Tim Cutemer Narkotic Tim(CNT) meringkus lima orang tersangka jaringan narkoba internasional dan berhasil mengamankan narkoba jenis sabu seberat 2850 gram.

Kelima tersangka yang berhasil dibekuk adalah Shalihin (57), Sinarwulan (23), Sutiyah (41), Khamariyah (43), dina Misweh ( 63), kelima tersangka ini berasal dari madura, Jawa Timur.

‎Kepala kantor pengawasan dan pelayanan BEA dan cukai tipe madya padaean B Tanjungpinang ,Duki Rusnadi  yang didampingi oleh Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian P Siagian, Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah, dan Imigrasi Kota Tanjungpinang I Gunawan ‎KS mengelar Pres Release Sat Narkoba di Pelabuhan Sri Bintan Pura Kota Tanjungpinang,Senin(14/3/2016)Sore

“Awal kami mendapat informasi dari pegawai Bea dan cukai yang menangkap seorang laki-laki salah satu penumpang Kapal dari Malaysia yang baru tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, setelah itu kami lakukan penangkapan terhadap tersangka, setelah dilakukan pemeriksaan maka kami dapat sabu-sabu yang disembunyikan didalam sepatu,” ujar Duki.

Duki juga menjelaskan setelah dilakukan penyidikan terhadap tersangka Sinarwulan, dirinya mengakui bahwa dirinya tidak membawa barang haram tersebut sendiri tetapi bersama ke empat temanya dan diketahui keempat temanya itu berhasil kabur dari Pelabuhan SBP.

“Tersangka Sinarwulan mengaku bahwa dia membawa sabu-sabu tersebut tidak sendirian melaikan berlima dengan temannya dan dikatakannya bahwa temannya berhasil keluar dari pelabuhan SBP,”katanya

‎Mengetahui hal itu, pihak Bea Cukai langsung melaporkan hal tersebut ke Mapolres Tanjungpinang dan Anggota Sat Narkoba Polres Tanjungpinang dan Polsek KKP untuk melakukan pengejaran terhadap ke empat tersangka yang melarikan diri ke Bandara Hang Nadim Batam, sekita pukul 15:00 Wib, Minggu( 13/3/2016).

“Ketika dilakukan pengejaran diketahui keempat pelaku itu akan terbang menggunakan pesawat terbang lion menuju surabaya, sehingga kami melakukan koordinasi dengan pihak bea cukai dan imigrasi Batam untul mengamankan keempat pelaku,” Jelasnya.

Duki menambahkan sekitar pukul 16.00 Wib ketika pihaknya masih berada didalam perjalanan kapal menuju batam untuk melakukan pengejaran pihak Bea Dan Cukai Batam telah berhasil menangkap dan mengamankan pelaku lainnya dan dibawa ke kantor cukai batu ampar – batam.

Dan setelah itu dikatanya , pihaknya langsung melakukan pengeledahan terhadap sepatu yang dipakai oleh para tersangka alhasil dari sepatu yang di pakai oleh para tersangka ini di temukan serbuk kristal golongan 1 bukan tanaman jenis sabu yang di akui bahwa barang tersebut di bawa bersama Sinar Wulan yang lebih dulu tertangkap di Pelabuhan SBP.

Sementara itu Kapolres Tanjungpinang, AKBP Kristian Siagian menambahkan dalam preas realis tersebut menambahkan bahwa kelima tersangka ini merupakan jaringan Internasional yang berasal dari Malaysia dan mereka melakukan modus yang klasik yang perlu kejelian dalam mengukap kasus ini.

” kelima tersangka sudah sangat ahli dimana barang bukti sabu-sabu tersebut diletakan didalam sepatu dan diketahui kelima tersangka ini berasal dari Madura Jawa Timur,”ujar Kristian

Kapolres yang akrap disapa kris tersebut mengatakan bahwa barang haram ini cukup murah harganya di Malaysia ‎dibandingkan di Indonesia dimana diketahui di Indonesia Rp 2,7 juta per Gramnya sedangkan kalau di Malaysia Rp 350000 per Kg.

” dalam menangkap jaringan Internasional ini kita harus lebih jeli karena modusnya mereka lakukan dengan meletakannya di dalam sepatu dan setelah itu mereka langsung mensol sepatu tersebut,”tambahnya

‎Akibat perbuatan ke lima tersangka ini, mereka akan di jerat dengan pasal 114 ayat 2 Jo pasal 112 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman penjara seumur hidup.

Sementara itu , Walikota Tanjungpinang yang ikut dalam preas realis tersebut sangat mengapresiasi kerja dari Tim gabungan tersebut.(Rajib)

You might like

About the Author: Redaktur

sumber informasi maupun berita dari wartawan yang bertugas dilapangan dan dipublish oleh tim redaktur. sebagian pemberitaan dari rilis atau lansiran media lokal, nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *