Nasional

Perayaan Maulid Internasional Digelar Di Ancol

JAKARTA, KOMPAS.com – Perayaan Maulid Internasional mulai digelar di Ancol Beach City, Senin (12/12/2016).

Kegiatan yg digagas Yayasan Parakita Bersama ini, mulai diselenggarakan sejak pagi hingga malam, dan panitia menjadwalkan kehadiran Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Festival Maulid Internasional ini terlaksana dengan melibatkan banyak pihak termasuk dua negara sahabat,” kata Ketua Yayasan Parakita Persada Baharuddin Nur dalam informasi tertulis yg diterima awak media, Minggu (11/12/2016).

“Gagasan buat melaksanakan festival ini berawal dari semangat bagi melestarikan dan mempromosikan secara luas keunikan perayaan Maulid di beberapa desa pesisir, Desa Cikoang dan Patte’ne di Sulawesi Selatan kepada masyarakat nasional dan internasional,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Maulid Internasional Eka Sastra menambahkan, selain buat memperkenalkan keunikan kedua desa, perayaan ini sekaligus dimanfaatkan buat mempromosikan pariwisata masyarakt Sulawesi Selatan. Terutama, kata dia, terkait nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan.

Menurut rencana, perayaan mulai dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 22.30 WIB. Kegiatan diawali dengan sejumlah lomba termasuk lomba Kaddo Minya’. Setelah itu, mulai dilangsungkan arak-arakan 33 perahu Maulid berlayar memasuki pantai yg mulai disambut oleh 33 pemuda yg masing-masing membawa Kaddo Minya’. (Baca: Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Teladani Sikap Nabi Muhammad SAW)

Pada sore harinya, masyarakat mulai dihibur dengan lantunan suara Ully Sigar Rusady dan persembahan tari Seudati dari Aceh. Sementara, pada malam hari masyarakat mulai disuguhi berbagai hiburan, akan Barazanji, penampilan seniman dari negara sahabat, 60 pemain musik perkusi berkolaboasi dengan Gilang Ramadhan, hingga pembacaan puisi.

Keterangan:

Sekretariat Wapres membantah adanya jadwal kehadiran Wapres Kalla dalam Festival Maulid Internasional.

Sebelumnya, dalam artikel ini ditulis “Wapres Jusuf Kalla Akan Hadiri Perayaan Maulid Internasional di Ancol”. Dengan keberatan Setwapres tersebut, maka judul diubah dengan tak menyebut kehadiran Wapres Kalla dalam kegiatan tersebut.

Kompas TV Peringatan Maulid Nabi Dihadiri Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri p

Sumber: http://nasional.kompas.com