Batam Bintan

Peresmian Interkoneksi Jaringan 150kV Batam-Bintan

info Tanjungpinang – Gubernur Kepri H Muhammad Sani meresmikan Interkoneksi Jaringan Listrik 150 kV Batam-Bintan , di PLTD Tanjung Uban Rabu (28/1). Peresmian jaringan Interkoneksi ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan, Mutu dan keandalan sistem kelistrikan di Provinsi Kepulauan Riau.

Pemerintah Provinsi Kepri melalui PT PLN Persero akan membangun kabel laut interkoneksi 150kV Batam-Bintan.Hal ini juga dalam upaya nerangkai Pulau dengan Kelistrikan.
Hal itu yang disampaikan Gendral Manager PT PLN (Persero) Unit Pembangunan II, Robert Aprianto purba yang mengatakan Penggelaran kabel laut interkoneksi ini merupakan pegelaran kabel laut pertama di kawasan Sumatra, setelah interkoneksi Pulau Jawa-Bali dan Interkoneksi Jawa Madura.

“untuk di pulau Bintan akan dibangun 4 Gardu Induk Listri yaitu di Air Raja, Sri Bintan, Kijang dan Tanjung Uban Ini,” ungkap Robert.

Setelah ke 4 Gardu induk tersebut sudah beroprasi maka diharapkan dapat memenuhi kebutuhan energi listrik untuk Provinsi Kepri.
“Kami juga mengharapkan jika tidak ada kendala,baik itu pemasangan kabel, transmisi dan infrastruktur pendukunya, Gardu Induk di PLTD Tanjung Uban ini akan beroprasi pada Juni 2015 mendatang,”tegasnya lagi.

Hal senada juga disampaikan Direktur Ko0nstruksi PT PLN yang mengatakan bahwa listrik merupakan hal utama dalam proses pembangunan, tanpa adanya koneksi listrik tidak akan terjadi pembangunan di manapun, Untuk itu PLN selalu mengupayakan pembangunan jaringan listrik termasuk untuk wilayah Kepri.

“Provinsi Kepri adalah salah satu wilayah yang memiliki banyak tantangan untuk kami dalam menyalurkan listrik, hal ini karena provinsi Kepri terdiri dari cakupan pulau-pulau,” jelas Nasri
Untuk itu kami lakukan upaya ini melalui pengelaran kabel laut inter koneksi demi terealisasinya Provinsi Kepri yang bebas dari masalah Kelistrikan.

Gubernur Kepri H.Muhammad Sani meminta kepada PT PLN pusat untuk lebih mengupayakan dan mencari solusi efektif mengenai masalah listrik untuk di Provinsi Kepri.
Sani juga menyayangkan sampai saat ini keadaan listrik di Kawasan Provinsi sangat memprihatinkan.
“listrik salah satu yang menjadi permasalahan, lagi-lagi listrik untuk itu saya mengharapkan kepada PT PLN untuk dapat menanggulanginya,”ungkap sani
Namun Gubernur Kepri H.Muhammad Sanimemberikan apresiasi kepada PT PLN Persero atas Pembangunan Interkoneksi Listrik 150kV Batam-Bintan ini. (Humas Kabupaten Bintan)