Kepri Tanjungpinang

Pesantren Pelajar Ramadhan 1435H di Masjid Agung Al-Hikmah Tanjungpinang

info Tanjungpinang – Momentum bulan suci Ramadhan 1435 H/ tahun 2014 dimanfaatkan oleh Remaja Masjid Agung Al-Hikmah, dengan mengadakan Pesantren Ramadhan pelajar se-Kota Tanjungpinang.

Kegiatan yang berlangsung selama bulan Ramadhan itu dibuka langsung oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, di Masjid Agung Al-Hikmah, Tanjungpinang, Minggu, 29 Juni 2014, ditandai dengan pemasangan tanda peserta.

Pesantren Pelajar Ramadhan di Mesjid Agung Al-Hikmah
Pesantren Pelajar Ramadhan di Mesjid Agung Al-Hikmah (foto: isukepri.com)

Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan itu, karena dapat menambah semangat dan semaraknya bulan suci Ramadhan. Dengan berbagai kegiatan keagamaan, seperti tadarus, kaligrafi, lomba dai dan lainnya dapat memberikan nilai positif kepada para pelajar dalam menjalankan aktivitasnya selama bulan Ramadhan.

Kegiatan rutin tahunan remaja Masjid Agung Al-Hikmah menurut wawako sudah diprogramkan sejak tahun 1985. Karena itu diharapkan menyemarakan Ramadhan ini tidak hanya dengan sholat tarawih saja, tetapi pada siang hari dapat diisi dengan kegiatan ibadah.

Kepada para pelajar dan  kaum ibu yang mengikuti kegiatan itu, wawako berharap tetap semangat mengikutinya.

Pengurus Masjid Agung Al-Hikmah Tanjungpinang, Abdul Razak, mengatakan kegiatan seperti itu rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Remaja Masjid Agung. Kegiatan itu bertujuan dalam rangka menambah dan meningkatkan iman dan taqwa para generasi muda/pelajar se-Kota Tanjungpinan.

Selain itu juga diharapkan para pelajar dapat mengamalkan ajaran Islam dalam mempertahankan integrasi diri. Ia berharap alunan ayat-ayat suci Al-Quran yang berkumandang, tidak hanta pada saat kegiatan itu saja, tetapi dapat dilanjutkan baik di rumah sekolah maupun di mana saja.

Pelaksanaan kegiatan ramadhan itu diikuti pelajar SD, SMP, SMA, MA, se-Kota Tanjungpinang, dan akan dilaksanakan mulai tanggal 29 s/d 22 Juli 2014 atau 1 s/d 23 ramadhan 1435 H.

Adapun rangkaian kegiatan pesantren ramadhan ini adalah, lomba Tadarus tingkat SMA/SMK/MA, lomba Kaligrafi tingkat SMA/SMK/MA, lomba Da’i tingkat SMP/MTs, lomba hasta karya tingkat SMP/MTs, lomba hizil Qur’an tingkat TPA/TPQ, lomba tartil Qur’an tingkat TPA/TPQ dan lomba mengambbar tingat SD.

Sementara itu, untuk lomba Tadarus Al-Qur’an Ibu-Ibu BKMT se-Kota Tanjungpinang diikuti sebanyak 217 Majelis Taklim. Terdiri dari Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 42 Majelis Taklim, Kecamatan Tanjungpinang Timur 91 Majelis Taklim, Kecamatan Tanjungpinang Kota sebanyak 24 Majelis Taklim, dan Kecamatan Bukit Bestari sebanayak 60 Majelis Taklim. (NA)

 

Sumber:Humas Pemerintah Kota Tanjungpinang