Kepri Tanjungpinang

Pj Gubernur Berencana Membangun Rumah Tinggal

Info Tanjungpinang – Pj Gubernur Berencana Membangun Rumah Tinggal. Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana berencana membangun rumah singgah atau akomodasi dikawasan Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP ) Kepri. Tujuannya agar keluarga pasien dari luar daerah dapat terakomodir jika membutuhkan tempat istirahat.

Pj Gubernur Berencana Membangun Rumah Tinggal
Pj Gubernur Berencana Membangun Rumah Tinggal

Agung menyadari, masyarakat dari pulau yang berobat ke RSU Provinsi Kepri tidak semua memiliki uang untuk menginap di hotel. Sehingga ia merasa perlu jika membangun rumah tinggal.

“Rumah tinggal untuk keluarga pasien perlu. Sehingga keluarga pasien dari pulau-pulau tidak menginap di hotel sehingga mengurangin beban. Karena tidak semua pasien mampu,” ujarnya saat melakukan kunjungan di RSU Provinsi Kepri, Selasa (15/9).

Untuk merealisasi pembangunan ini, ia meminta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana memikirkan perencanaan pembangunan. Pertama, mulai membaskan lahan serta membuat desain pembangunan rumah tinggal tersebut.

“Ini yang memikirkan kepala dinas kesehatan, bukan direktur RSU Provinsi Kepri,” paparnya Selain mengutarakan perencanaan pembangunan, Agung juga menyinggung mengenai pelayanan. Dia meminta pelayanan untuk masyarakat sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Bila perlu harus diatas SPM jika ingin menjadi rumah sakit rujukan di Kepri.

Selain itu, pihak rumah sakit harus bisa merawat atau memelihara peralatan-peralatan kesehatan. Apalagi peralatan ini terbilang canggih. Sehingga memerlukan perawatan yang benar serta didukung tenaga profesional yang mampu mengoperasionalkan. Ia mengingatkan, jangan sampai, alat-alat kesehatan itu mengaggur karena tidak ada yang bisa menggunakan. Jika seperti ini alat tersebut juga akan rusak. Sehingga ia meminta pihak rumah sakit harus mampu menjaga.

Dilanjutkannya, SDM juga harus dapat terpenuhi baik secara kualitas maupun kuantitas. Untuk kualitas, ia meminta pihak rumah sakit melakukan pelatihan-pelatihan. Sedangkan secara kuantitas pihak pemerintah akan mengupayakan. Apalagi sesuai laporan, 25 September pembangunan gedung lantai 5 sampai 8 akan selesai. artinya membutuhkan penambahan SDM.

Untuk permintaan ini, Agung meminta dilaporkan ke Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri. Dalam kunjungan Agung juga memuji progres pembangunan RSU Provinsi Kepri. Meski menelan anggaran cukup besar senilai Rp 200 miliar lebih namun hasilnya cukup bagus. Ia menilai kelayakan bagus dari gedung yang berdiri. Serta meski ada sebagian ruangan dalam proses pekerjaan namun tidak mengaggu proses pelayanan di rumah sakit. Ia meminta hal ini bisa terus ditinggkatkan.

“Saya cukup bersyukur meski sedang tahapan pembangunan namun pelayanan tetap berjalan. Ini yang benar,” ucapnya sembari memberikan pujian. Direktur RSU Provinsi Kepri, dr Muchtar Lutfi Munawar meminta pemerintah memberikan bantuan untuk beberapa hal kendala yang dialami.

Diantaranya bantuan tenaga kerja untuk beberapa dokter spesialis yang belum dimiliki. Ketersediaan obat, keterbatasan tempat tidur pasien mengingat lantai 5 sampai 8 akan segera dioperasionalkan. Selain itu ada beberapa hal pelayanan yang dituntut masyarakat harus sediakan. “Rumah Sakit ini milik Pemerintah Daerah. Sehingga wajar jika kami mengadu kekurangan kami guna meningkatkan pelayanan kesehatan,” ungkapnya Selain itu pihak rumah sakit juga masih membutuhkan dukungan anggaran untuk berbagai kegiatan dan program.

Sumber :Humas Kepri