Kepri Tanjungpinang

Pj Gubernur Minta Bantuan Danlantamal IV Sukseskan Pemilukada

Info Tanjungpinang – Pj Gubernur Minta Bantuan Danlantamal IV Sukseskan Pemilukada. Demi terselenggaranya Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dengan sukses di Desember nanti secara serentak, Penjabat Gubernur Kepulauan Riau Agung Mulyana meminta bantuan kepada Danlantamal IV Tanjungpinang Sulistiyanto dengan mendatangi langsung Mako Lantamal IV, Senin (14/9/2015).

Pj Gubernur Minta Bantuan Danlantamal IV Sukseskan Pemilukada
Pj Gubernur Minta Bantuan Danlantamal IV Sukseskan Pemilukada

Secara langsung Pj.Gubernur mengutarakan permohonan bantuannya tersebut kepada Danlantamal IV Sulistiyanto. Terutama terkait proses pendistribusian logistik pada H-7 nantinya.

Apalagi berdasarkan informasi teknis di lapangan, pada bulan tersebut sedang musim gelombang yang kuat, sehingaa sangat dibutuhkan bantuan dari angkatan laut guna mengantar dan mengawal logistik Pemilu hingga ke lokasi-lokasi terjauh, terutama di Natuna dan Anambas.

“Sata ditugaskan oleh presiden untuk mengawal pembangunan dan mensukseskan penyelenggaraan Pemilukada serentak di Kepulauan Riau ini. Oleh sebab itu, saya merasa perlu adanya bantuan dari berbagai pihak. Kebetulan ini adalah pertama kalinya saya bersilaturahmi dengan FKPD dan saya mulai dari Mako Danlantamal IV. Berikutnya saya juga akan bersilaturahmi ke Polda, Korem, Guskamla dan sebagainya,” ujar Agung.

Menurut Agung silaturahmi tersebut sangat dibutuhkan guna memupuk sinergisitas dalam mensukseskan sebuah hajat bersama. Dan hal ini perlu dilakukan jauh-jauh hari karena akan ada sekitar 260 kabupaten dan kota yang akan menggelar pilkada serentak ini. Sehingga dikhhawatirkan peralatan seperti kapal yang kita butuhkan, juga dibutuhkan oleh daerah lain.

“Saya rasa sekarang adalah saat yang tepat untuk kita mem booking Angkatan Laut, karena kita memang membutuhkan bantuannya. Sebelum daerah- daerah kepulauan lainnya membooking duluan. Yang kita fikirkan adalah Natuna dan Anambas,” ujar Agung kagi.

Sedangkan Danlantamal IV sendiri mengaku sangat siap membantu mensukseskan jalannya Pemilukada di Kepri. Bahkan terkait apa yang diutarakan Pj. Gubernur tersebut, pihak Lantamal IV telah melakukan rapat internal, guna meminta tambahan sedikitnya 3 unit kapal perang lagi. Tujuannya agar ada 3 unit yang mobile dan 1 unit standby.

Selain membahas soal mensukseskan Pemilukada serentak di Kepri, dalam silaturahmi dengan Danlantamal IV ini mereka juga membahas krisis air yang saat ini sedang melanda Kepulauan Riau. Dan sebagai solusinya, keduanya sepakat untuk segera menerima serah terima SWRO yang merupakan produksi air laut menjadi air siap minum. Selan itu juga rencana dibuatnya hujan buatan.

“Setelah saya pelajari ternyata SWRO ini adalah proyek pusat dan sampai sekarang belum diserahkan kepada kita. Makanya, nanti kita gesa ke pusat agar segera diserahkan ke kita, agar kita bisa memanej pengelolaannya. Begitu juga terkait rencana membuat hujan buatan, saya sudah menemui BPPT dan mereka sangat setuju, bahkan mereka sangat mendukung dengan semua yang diperlukan untuk hujan buatan. Hanya saja kendalanya, BPPT tidak memiliki pesawat untuk menerbangkan logistik yang dibutuhkan tersebut. Selain itu kita juga sounding ke BNPB, namun BNPB ternyata masih sangat disibukkan dengan masalah kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan. Artinya, kita diminta untuk bersabar sedikit lagi.

Sumber : Humas Prov Kepri