Kepri Tanjungpinang

Puspenerbal TNI Gelar Naval Airbase Open Day

info Tanjungpinang – Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Tanjungpinang membuat acara berbeda Minggu (15/6), dengan memberi kesempatan kepada masyarakat melihat berbagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI. Dalam pameran yang diberi nama Naval Airbase Open Day 2014 itu, warga juga berkesempatan menaiki pesawat terbang patroli maritim dan helikopter tempur di Mako Lanudal Batu 12.

Tentu, momen sepert ini istimewa. Biasanya, masyarakat hanya bisa menaiki pesawat komersil, kali ini pesawat TNI pun bisa dinaiki bersama. Ternyata, pameran alutsista ini digelar dalam rangka peringatan hari jadi ke-58 Puspenerbal yang jatuh pada 17 Juni mendatang.

“Ini sebagai sarana silaturahim TNI-AL, khususnya Puspenerbal, dengan institusi pendukung dan masyarakat sekitar,” ujar Komandan Puspenerbal Wing Udara 2 Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan melalui Wakil Komandan Letkol Laut (P) Heru Prasetyo di Markas Pangkalan Udara TNI-AL Tanjungpinang, Minggu (15/6).

Terlihat, kesempatan ini pun tak disia-siakan masyarakat Tanjungpinang. Sedari pagi, ratusan warga sudah memadati Mako Lanudal. Karena tak mau melewatkan kesempatan langka ini, beberapa di antara mereka rela mengantre untuk mendaftarkan namanya.

Tingginya antusiasme masyarakat ini dipahami pihak Puspenerbal. Akhirnya, Puspenerbal tak hanya menyediakan satu unit pesawat terbang saja, tapi dalam waktu bersamaan ada empat pesawat terbang yang siap mengudarakan masyarakat Tanjungpinang. Dengan rincian tiga unit Cassa N-212 dan satu unit Nomad P-832.

Tentu saja, tak hanya naik pesawat yang bisa dirasakan saat itu, berbagai kegiatan lain juga ada yang tentu menambah pengetahuan dan sekaligus ajang hiburan. Di antaranya, lomba mewarnai, bazar, dan seni pencak silat.

Sementara di kalangan internal Puspenerbal sendiri, personelnya “dipaksa” memasak nasi goreng, sedangkan istrinya unjuk kebolehan merakit senjata. Dan yang paling meriah adalah lomba voli yang diikuti antar instansi, sepekan lalu. Dimana tim dari Kodim keluar sebagai terbaik pertama.

Semakin siang, acara semakin meriah. Usai mengudara, masyarakat juga diperkenankan melihat lebih dekat alutsita dan fasilitas yang dipunyai Puspenerbal. Sebelum mengadakan acara Naval Airbase Open Day tersebut, Wing 2 dan Lanudal juga mengadakan acara olah raga seperti turnamen bola voli.

Seorang pengunjung, Sylvia Sulistio saat ditanya komentarnya mengaku senang adanya acara Naval Airbase Open Day 2014. Menurutnya, selain untuk mengisi hari libur, juga memberi pengetahuan khususnya kepada anak-anak.

“Momen seperti sangat jarang. Sekaligus menjadi ajang mengisi hari libur, tentunya berguna untuk anak anak yang ingin mengetahui tentang peralatan militer dan menarik minat di bidang kedirgantaraan. Karena banyak kegiatan juga seperti lomba memasak dan aeromodeling,” kata Heru Prasetyo. (NA)