Tanjungpinang

Rapat Terbuka DPRD Kota Tanjungpinang – LKPJ Pemko 2015

Tanjungpinang (IT) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang menggelar rapat terbuka dalam rangka pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) yang disampaikan oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah pada hari kamis (31/03) di Senggarang.

Rapat Paripurna tersebut langsung dipimpin oleh Katuan DPRD Kota, Suparno. Adapun beberapa perangkat yang hadir selain dari seluruh anggota DPRD, adalah unsur Muspida, Asisten, Staf Ahli dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tanjungpinang.

Pidato penyampaian LKPJ Walikota Tanjungpinang Tahun Anggran 2015 berisi tentang penjabaran
program dan kebijakan yang dilaksanakan pada tahun 2015, sesuai  arah mewujudkan visi pembangunan yang telah disepakati dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) tahun 2013-2018 yakni

Tanjungpinang yang sejahtera berakhlak mulia, dan berwawasan lingkungan dengan pemerintahan yang bersih transparan, akuntabel serta melayani.” Ungkap Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH.

“Selaras dengan tema pembangunan yang tertuang dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) optimalisasi perekonomian melalui pemberdayaan masyarakat dengan peningkatan sarana dan prasarana di perkotaan serta peningkatan pelayanan publik bagi kesejahteraan masyarakat yang meliputi prioritas pembangunan dan kebijakan umum APBD Tahun 2015, peningkatan dan pemerataan pendidikan layak dan berkualitas, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang merata, peningkatan pembagunan dan infrastruktur, penanggulangan kemiskinan dalam pemberdayaan masyarakat mandiri dan sumberdaya manusia, peningkatan pelayanan birokrasi dan lembaga serta peningkatan
pariwisata dan pelestarian nilai-nilai budaya.” Tutur Lis.

Selanjutnya Lis juga menyampaikan garis besar dilaporkan bahwa penyelenggaraan kebijakan dan pembangunan pemerintah Kota Tanjungpinang tahun 2015 telah di selenggarakan dengan baik dan optimal  melalui pelaksanaan  berbagai program dan kegiatan sesuai urusan pemerintah yang
dibebankan dan menjadi tangungjawab SKPD.

“Adapun terlaksananya program pemerintah merupakan peran serta seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang dan kita semua, sehingga kita mendapat hasil jerih payah tersebut dengan berbagai bukti penghargaan, antara lain : Predikat WTP atas LHP dan LKPD dari BPK Provinsi Kepri, Nominasi Anugrah Pangripta Nusantara dari Kementerian Bappenas tahun 2015, penghargaan keberhasilan penyusunan dan menyajian laporan keuangan dengan capai Standar tertinggi,  Inovasi administrasi Negara dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia,  Anugrah Jaminan Kesehatan (JKN AWARD) dari Kementerian Kesehatan RI, Penghargaan Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan RI. ” Terang Lis.

Laporan keterangan pertanggungjawaban tahun 2015  berisi tentang kebijakan pengelolaan keuangan daerah yang meliputi kebijakan umum APBD 2015, penyelenggaraan urusan pemerintah  daerah,
penyelenggaraan tugas pembantuan  dan tugas umum pemerintah. Semoga segala sesuatu yang telah dicapai dapat dinikmati oleh masyarakat dan tentu merupakan hasil kerjasama kita, Pemerintah Kota, DPRD Kota Tanjungpinang, dukungan  penuh oleh segenap FKPD serta partisipasi seluruh komponen masyarakat.  Dan kedepannya mari kita songsong untuk perubahan selanjutnya.” Tutup Lis.

Acara di lanjutkan dengan penyerahan LKPJ dari Walikota dan diterima oleh ketua DPRD Kota Tanjungpinang dan acara ditutup langsung oleh ketua DPRD Kota Tanjungpinang.