Jakarta Kepri Tanjungpinang

Rp 1 Triliun Tuntaskan Tol Laut Kepri

info Tanjungpinang – JAKARTA. Keinginan Gubernur Kepri HM Sani untuk membangun tol laut yang menghubungkan antarpulau sepertinya bakal terealisasi akhir tahun ini. Keyakinan itu didapat setelah Gubernur Sani bertemu dengan Menteri Perhubungan Ignatius Jonan di ruang rapat Lantai 9 Kemenhub Jakarta, Selasa (3/2) pagi. Pertemuan tersebut juga dilaksanakan bersama sembilan gubernur di Sumatera lainnya.

Rp 1 Triliun Tuntaskan Tol Laut KepriDalam pertemuan terbatas itu, Gubernur Sani didampingi langsung Kadis Perhubungan Kepri Muramis. Kepastian tol laut itu tuntas, karena semua usulan Kepri untuk pembiayaan pembangunan pelabuhan laut sudah dianggarkan Kementerian Perhubungan tahun 2015 ini.“Untuk pelabuhan laut, sudah masuk tahun 2015. InsyaAllah tuntas di penghujung tahun ini,” kata Gubernur Sani usai keluar dari ruang pertemuan dengan Jonan.

Pelabuhan untuk Pulau Laut, Pulau Midai, Pulau Subi, Pulau Serasan dan Pulau Letung, semuanya sudah masuk dalam APBN tahun 2015 ini.

Selain perhubungan laut, dalam rapat itu, Gubernur Sani juga menyampaikan rencana pembangunan di sektor perhubungan darat dan udara. Total anggaran yang diperlukan untuk tiga sektor itu mencapai Rp 1,458 triliun, dengan perincian untuk perhubungan laut Rp 864 miliar, untuk perhubungan darat Rp 284 miliar dan untuk udara Rp 309 miliar.

Dari jumlah itu, sampai saat ini dana APBN yang terserap di sektor perhubungan mencapai Rp 1 triliun, dengan rincian perhubungan laut Rp 654 miliar, darat Rp 58 miliar dan udara Rp 287 miliar.

“Kekurangan Rp 154 miliar di sektor perhubungan laut kita harapkan bisa dianggarkan di APBN Perubahan. Sehingga semuanya bisa tuntas di tahun 2015,” kata Sani.

Selain itu, Gubernur juga minta tambahan untuk kapal barang dan kapal orang, sehingga arus orang, arus uang dan arus barang bisa bergerak cepat antara satu daerah ke daerah lainnya di Kepri. “Kita harap dapat memperlancar ketersediaan kebutuhan pokok,” kata Sani.

Soal kapal roro, Gubernur juga minta agar ada tambahan untuk ke Jambi dari Kabupaten Lingga dan ke Kalimantan dari Anambas serta Natuna. Gubernur Sani memang menggesa tuntasnya masalah konektivititas ini. Demikian juga dengan listrik dan air. Karena, semuanya akan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. (mas/Tanjungpinangpos.co.id)