RSUP Kepri Kembali Berhasil Operasi Pasien Hidrosefalus

info Tanjungpinang – Tim medis RSUP Kepri bekerjasama dengan tim bedah syaraf  Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung untuk kesekian kalinya kembali melakukan operasi hidrosefalus terhadap pasien dari Kabupaten Lingga, Sabtu, 31 Mei 2014 lalu.

dr.Roland, spesialis bedah saraf yang menangani operasi Hidrosefalus mengatakan,  hidrosefalus itu dikenal sebagai air di dalam otak. Hidrosefalus adalah kondisi medis yang ditandai dengan penimbunan abnormal dari cairan di dalam tulang tengkorak, menyebabkan tekanan berlebihan pada otak yang dapat berakibat fatal apabila tidak ditangani.

RSUP Kepri Kembali Berhasil Operasi Pasien Hidrosefalus
RSUP Kepri Kembali Berhasil Operasi Pasien Hidrosefalus (Foto: Humas RSUP)

Kondisi itu lebih sering terjadi pada anak-anak, individu dengan infeksi sistem saraf atau mereka dengan trauma kepala atau otak dan disebabkan karena obstruksi liquor serebrospinalis. Pada bayi, karakteristik gejala termasuk pembesaran kepala yang abnormal dengan benjolan membengkak pada puncak kepala dan pandangan terfiksasi ke arah bawah.

Penyebab hidrosefalus bermacam-macam. Namun yang paling sering ditemui adalah karena kelainan bawaan sejak lahir yang disebabkan infeksi toksoplasmosis.

Namun yang penting katanya  hidrosefalus bukanlah penyakit turunan. Penyakit itu juga bisa dicegah dengan cara pemeriksaan secara rutin sebelum dan selama kehamilan.

Salah satunya dengan tes TORCH  juga bisa jadi alternatif untuk mencegah bayi cacat.  Karena itu sebelum hamil seorang  ibu harus sudah dipastikan sehat. Tidak ada infeksi-infeksi yang bisa menyebabkan kelainan bawaan. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah dengan menjaga asupan gizi. (NA)

 

Sumber: Humas Rumah Sakit Umum Provinsi

You might like

About the Author: infotanjungpinang

Hati perlu iman, otak perlu ilmu. Marilah kita beriman dan berilmu. Indahnya hidup berkah dengan berbagi ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *