Batam Karimun Kepri

Rudi Pimpin Pawai Ta’aruf Kafilah Kota Batam

info TanjungpinangKabupaten Karimun. Dalam rangka ikut memeriahkan dan memberikan dukungan moril serta semangat kepada kafilah Kota Batam yang mengikuti pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kepri, Ketua LPTQ Kota Batam yang juga wakil walikota Batam, H. Muhammad Rudi, memimpin langsung pawai ta’aruf kafilah Batam yang dilepas oleh wakil Gubernur Kepri, H. Muhammad Soeryo Respationo dengan mengambil start di Panggung Rakyat Putri Kemuning Coastal Area, Tanjung Balai Karimun, Kamis (20/3).

Berbeda dengan kontingen dari Kota/Kabupaten yang lain, hanya Kota Batam yang dipimpin langsung oleh pimpinan daerahnya. Hal ini diharapkan dapat menambah rasa percaya diri dan penyemangat bagi kontingen Kota Batam.  Pawai ta’aruf diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se provinsi Kepri yang mengikuti gelaran MTQ ini. Dalam pawai ini, kontingen Kota Batam diikuti 800 peserta yang terdiri dari peserta lomba MTQ dan official, anggota pasukan pengibar bendera (paskibra) Kota Batam, Marching Band Bahana Barelang, jajaran SKPD serta camat dan lurah se Kota Batam.

Selain sebagai bentuk dukungan dan penyemangat bagi peserta yang bertanding, kehadiran Wawako dalam pawai ta’aruf MTQ tingkat Provinsi ini juga sebagai upaya  menggemakan perhelatan  MTQ tingkat Nasional yang akan di selenggarakan di provinsi Kepri, bertempat di Kota Batam. Sebelumnya, Rudi menyampaikan harapan kafilah Kota Batam dapat merebut juara umum dalam gelaran MTQ ini.

“Saya berharap, Batam dapat membawa pulang gelar juara umum pada MTQ tingkat provinsi ini sehingga menjadi kebanggaan bagi Batam. Terlebih, MTQ nasional tahun 2014 ini akan diselenggarakan di provinsi Kepri dan bertempat di Kota Batam”, harap Rudi. MTQ tingkat provinsi Kepulauan Riau tahun 2014 akan digelar selama 7 hari dimulai dari tanggal 21 Maret 2014 dan akan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia, H. Suryadharma Ali.

Pada MTQ kali ini, ada tujuh cabang yang diperlombakan yakni cabang Tilawah golongan tartil-anak-anak, remaja, dewasa, qiroat dan cacat netra (canet) bertempat di Gedung Nasional. Fahmil Qur’an dan Musabaqoh Maqolah Al-qur’an di Masjid Baiturrahman Teluk Air, Hifdzil Qur’an golongan 1,5,10 juz dan Tilawah di Gedung Rumpun Melayu Bersatu. Syarhil qur’an di Masjid Agung Karimun, Hifdzil Qur’an 20, 30 juz dan Tafsir Al-qur’an Bahasa Arab, Indonesia dan Inggris di SMPN 1 Karimun. Serta cabang Khottil Qur’an golongan Naskah, Hiasan, Dekorasi dan Kontemporer.

 

Sumber: Humas Pemerintah Kota Batam