Teknologi

Samsung Resmikan Trio Galaxy A Versi 2017, Harganya?

KOMPAS.com – Samsung akhirnya meresmikan trio Galaxy A versi 2017. Ketiganya, yakni Galaxy A3, A5, dan A7, semula diprediksi meluncur pada 5 Januari 2017 dalam sebuah acara di Malaysia.

Prediksi itu nyatanya meleset, sebab spesifikasi resmi trio Galaxy A telah dapat ditilik di situs resmi Samsung. Ketiga Galaxy A disematkan fitur anti-air IP68 yg sepadan dengan seri flagship Galaxy S.

Selain itu, bodi metal ketiga ponsel lebih tipis dengan ketebalan 7.9 mm. Port USB-nya pun telah mengikuti tren, yakni memakai USB-C, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (3/1/2016), dari GSMArena. Untuk selengkapnya, berikut spesifikasi masing-masing Galaxy A3, A5, dan A7 keluaran 2017.

Baca: Masa Depan Samsung Ditentukan 6 Bulan Lagi

1. Galaxy A3

Ponsel ini masih jadi yg terkecil dibandingkan kedua kakaknya. Mengusung layar Super AMOLED 4,7 inci, Galaxy A3 dianggap cukup dengan resolusi tampilan 720p.

Kamera utamanya 13 megapiksel, sementara bagi selfie lebih kecil, yakni 8 megapiksel. Dua lensa tersebut memilki bukaan F/1.9 yg lumayan mumpuni bagi mengambil cahaya di keadaan remang-remang.

Prosesornya octa-core berkecepatan 1.6 GHz. Meski banyak peningkatan spesifikasi, Galaxy A3 keluaran 2017 memiliki kapasitas RAM 2 GB yg lebih rendah dan dipadankan dengan memori 16 GB. Baterainya pun hanya 2.350 mAh tanpa didukung fitur charge cepat.

Jika berminat, Anda dapat mendapatkan Galaxy A3 dengan varian warna Black, Blue, Pink, dan Gold. Harganya sendiri baru diungkap bagi pasar Eropa, yakni 329 euro atau setara Rp 4,6 jutaan.

Belum jelas kapan ponsel ini mulai menyambangi pasar Indonesia. Harganya di Tanah Air pun belum diumumkan, tetapi seharusnnya dapat diestimasi dari kisaran harga Eropa.

Baca: Peluncuran Galaxy S8 di Luar Kebiasaan Samsung

2. Galaxy A5

Anggota menengah dari trio Galaxy A ini hadir dengan layar Super AMOLED 5,2 inci beresolusi 1080p. Prosesornya memakai Exynos 7880 octa-core Cortex-A53 berkecepatan 1.9 GHz.

Spesifikasi itu didukung RAM 3 GB dan memori 32 GB yg masih mampu diekspansi memakai slot microSD. Kamera ponsel ini telah lebih mumpuni, yakni masing-masing 16 megapiksel di depan dan belakang. Tapi, bukaan F/1.9 hilang dari model ini.

Sama seperti Galaxy A3, A5 memiliki kapasitas baterai yg lebih kecil dibandingkan pendahulunya, yakni 3.000 mAh. Untungnya Galaxy A5 memiliki fitur pengecasan cepat.

Ponsel ini tersedia dalam warna Black, Blue, Pink, dan Gold. Harganya bagi pasar Eropa dipatok 429 euro atau setara Rp 6 jutaan.

3. Galaxy A7

Ini dia versi premium dari trio Galaxy A. Layarnya paling besar, yakni 5,7 inci dengan kualitas Full HD Super AMOLED. Prosesornya sama dengan Galaxy A5, yakni Exynos octa-core.

Kamera belakang dan depannya juga meningkat tajam menjadi 16 megapiksel dengan bukaan F/1.9. Penyimpanannya dirasa cukup dengan 32 GB, tetapi tetap dapat diekspansi dengan slot microSD. RAM-nya sendiri tetap berkapasitas 3 GB.

Galaxy A7 memiliki baterai 3.600 mAh dengan dukungan pengecasan cepat. Sama seperti beberapa saudaranya, ponsel ini tersedia dalam varian Black, Blue, Pink, dan Gold.

Belum dijabarkan harga Galaxy A7 di pasar Eropa maupun di pasar lainnya. Ada indikasi ponsel ini tidak masuk Eropa. Samsung sendiri belum mengonfirmasinya.

Trio Galaxy A diprediksi tersedia di Asia akan awal Januari, meskipun belum diketahui waktu spesifik bagi Indonesia. Sementara itu, Rusia digadang-gadang bakal kebagian jatah dalam dua hari ke depan dan Eropa Barat pada Februari awal.

Baca: Tahun Berganti, Samsung Bunuh Semua Galaxy Note 7 di Malaysia

Sumber: http://tekno.kompas.com