Kepri Tanjungpinang

Soerya Kagumi Gedung Bintan Expo

info Tanjungpinang

Wakil Gubernur Kepri Dr.H.M Soerya Respationo,SH MH terkagum-kagum dengan hadirnya gedung Bintan Expo. Gedung bekas Dinas Pariwisata Bintan ini disulap menjadi lebih oke dan berkelas. Nantinya, setiap even pariwisata serta promosinya akan dipusatkan di Gedung yang terletak di Basuki Rahmat. “Tentunya, dengan adanya gedung ini kita optimis target 2,3 juta wisatawan yang berkunjung ke Kepri dapat tercapai,” kata Soerya, Kamis (5/2).

Untuk tahun ini, target moderat kunjungan pariwisata ke Kepri adalah sebanyak 2 juta wisatawan. Menurut Soerya, tingginya kunjungan wisatawan ke Kepri pada tahun lalu tak lepas dengan status FTZ yang melekat di Bintan, Karimun, Batam serta Tanjungpinang. Meskipun cukup menggembirakan, ada beberapa kendala yang dialami dalam pelaksanaannya. Contohnya adalah belum menyeluruhnya FTZ di Pulau Bintan. Akibatnya, penyedia jasa kepariwisataan kesulitan menerapkan sistem city tour.

“Namun itu tidak begitu sulit kita selesaikan. Nanti, Pemkab Bintan silahkan saja mengusulkan, kami disini siap memfasilitasi dan mendukung,” janji Soerya.

Bahkan, sambungnya lagi, Pemprov rencananya akan membawa menteri Pariwisata mengunjungi Kabupaten Bintan pada 7 Februari mendatang. Sehingga, nantinya, kementerian dapat ikut memberikan insentif kepariwisataan di wilayah Kepri. Sebelumnya, Bupati Bintan Ansar Ahmad mengatakan bahwa masih banyak sektor pariwisata Bintan yang masih belum terekspose dengan baik. Jika digarap dengan baik, maka kunjungan wisatawan ke Bintan dan Provinsi Kepri dapat meningkat setiap tahunnya.

“Kita tentunya sepakat jika promosi merupakan salah satu bagian penting dalam mempercepat potensi daerah. Kehadiran gedung ini nantinya akan menjadi corong promosi kita,” kata Ansar.

Tak hanya mempromosikan Bintan, kehadiran Gedung Bintan Expo ini juga dapat digunakan oleh Pemko Tanjungpinang. Tak hanya itu, masyarakat juga dapat menggunakan gedung tersebut untuk kegiatan kepariwisataan. Tak melulu soal promosi, Pemkab Bintan juga berkomitmen untuk memperbaiki birokrasi kepariwisataan. Salah satunya dengan menggandeng BPKM mengajukan FTZ menyeluruh di Pulau Bintan. Dengan menyeluruh, Ansar optimis, pariwisata tidak hanya dinikmati wisatawan yang berkunjung ke Bintan saja, namun juga dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Tanjungpinang.

 

Sumber: Pemerintah Provinsi Kepri