Tanjungpinang

Soerya: Pemimpin harus dekat dengan Rakyat

info TanjungpinangHadiri Pagelaran Wayang Kulit. Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah. Pemimpin adalah orang yang mampu mendengarkan aspirasi sekaligus dekat dengan rakyat yang dipimpinnya. Hal ini dikatakan oleh Wakil Gubernur Kepri, Dr.H.M Soerya Respationo,SH MH saat menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan lakon Petruk Dadi Ratu (Petruk Jadi Raja), di Kampung Suka Damai, Tanjungpiayu, Sabtu (14/2) lalu.

“Raja menjadi tidak ada artinya jika ditinggalkan oleh rakyatnya. Begitu juga dengan pemimpin. Jika jauh dengan rakyat, maka pasti akan ditinggalkan,“ kata Soerya.

Lebih lanjut Soerya mengatakan bahwa peranan rakyat dalam mengontrol pemerintahan semakin besar. Itulah hakikat dari demokrasi partisipatoris, sebuah tipologi demokrasi yang menempatkan rakyat sebagai subjek, bukan objek. Filosofi ini juga terdapat didalam wayang ini dapat diterapkan dipemerintahan. Dimana setiap kawulo (rakyat) harus siap mengingatkan dan melurusukan ketika sosok pemimpin tersebut menyimpang.

“Rakyat harus mampu menjadi Semar, yang mengawal suatu pemerintahan untuk mencapai suatu masyarakat yang aman, tenteram, adil, makmur, dan sentosa mengayomi rakyatnya,” katanya lagi.

Jika ini dapat tercapai, maka kesejahteraan rakyat akan terwujud dengan segara. Pagelaran wayang ini sendiri merupakan lanjutan acara silahturahmi Paguyuban Manunggaling Roso, Warga Sei Beduk dan Nongsa.

Pagelaran wayang kulit akan dibawakan oleh dalang cilik Aditya Saputra. Sementara itu, Ketua Paguyuban Manunggaling Roso, Saproni mengatakan acara ini dalam rangka silahturahmi warga untuk lebih memperarat tali persaudaraan.

“Kami juga ingin melestarikan budaya dan menjadi hiburan bagi seluruh masyarakat Batam,” kata Saproni.

Selain wayang, pada Minggu (15/2) siang, juga digelar pentas kesenian jathilan Turonggo Putra Mataram, yang merupakan grup jatihilan dari Ikatan Silaturahmi Keluarga Yogyakarta (ISKY).Ketua Ketua RW 06 Kampung Suka Damai Malik Siswanto, dan Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto terlihat hadir dalam acara tersebut. (Humas Pemprov Kepri)